Breaking News
Home / Sumut / BI Sumut Bina 20 Wirausaha
WOL Photo

BI Sumut Bina 20 Wirausaha

PARAPAT, Waspada.co.id – Mendorong perekonomian di Sumatera Utara, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumut sudah memiliki 20 Wirausaha Binaan BI (WUBI).

Deputi Direktur BI Kpw Sumut, Demina R Sitepu, menuturkan bahwa pembinaan wirausaha dilakukan melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi pengusaha serta produknya.

“Melalui pembinaan, diharapkan produk UMKM Sumut dapat menembus pasar internasional, khususnya melalui platform digital,” tuturnya pada Pelatihan Wartawan Ekonomi Provinsi Sumut di Parapat, Jumat (16/11).

Dan beberapa wirausaha telah tersertifikasi sebagai ‘coach’ dan membuka Klinik UMKM. Program tersebut juga telah meningkat dan melahirkan Wirausaha Deli Serdang (WUDS)

“Kita terus mengembangkan wirausaha, termasuk di Kota Binjai. Kita sedang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Binjai dalam waktu kedepan,” ungkapnya.

Bentuk kerjasamanya adalah melalui pengembangan transaksi UMKM berbasis digital, seperti dengan Bukalapak. Untuk pengembangan wirausaha itu.

“Terdiri dari jenis usaha yang bervariasi, seperti makanan olahan dan alat pertanian,” katanya.

Pada batch I dilakukan pada tahun 2014, sedangkan batch II pada tahun 2016. Setiap batch menjaring 10 wirausaha yang potensial untuk dibina. Kemudian ada rekrutmen, sebagai upaya penciptaan wirausaha baru.

“Ke depannya, Bank Indonesia berharap di setiap daerah ada WUBI, agar perekonomian setiap daerah bertumbuh baik, dan akhirnya menyejahterakan masyarakat,” terangnya.

“Dengan potensi berbagai hasil pertanian dan perkebunan, pertumbuhan ekonomi Sumut harusnya bisa lebih besar dari saat ini,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

BI Corner Wadah Mahasiswa Pahami Literasi Keuangan

MEDAN, Waspada.co.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) meresmikan BI Corner di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: