Home / Sumut / Berkah Sertifikat Tanah, Jokowi Wujudkan Mimpi Petani dan Masyarakat Kecil Sumut
Jefri Barus saat diwawancarai media, Jumat (13/4), di atas lahan yang pernah menjadi lokasi bagi-bagi sertifikat oleh Jokowi.
Jefri Barus saat diwawancarai media, Jumat (13/4), di atas lahan yang pernah menjadi lokasi bagi-bagi sertifikat oleh Jokowi.

Berkah Sertifikat Tanah, Jokowi Wujudkan Mimpi Petani dan Masyarakat Kecil Sumut

MEDAN, WOL – Program Jokowi berupa bagi-bagi sertifikat gratis yang dinilai politikus nasional Amien Rais sebagai suatu ‘pengibulan’, mendapat respon dari petani dan warga Sumatera Utara. Warga yang mendapatkan sertifikat gratis dari Program Jokowi merasa sangat terbantu dan berterima kasih.

Ditemui di tanah seluas kurang lebih dua hektar yang tampak ditanami bibit kelapa sawit, Jefri Barus, penerima sertifikat gratis dari Presiden Jokowi pada 27 Nopember 2017 lalu, menyatakan bahwa sertifikat tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya, bahkan kini sudah digunakannya untuk mendapat kredit usaha rakyat (KUR) dari bank BRI. “Lahan tempat kita berdiri sekarang adalah lokasi pencanangan program sawit rakyat yang mana pada tanggal 27 Nopember lalu, pak Jokowi hadir di sini, dusun 1 kampung Mangga, desa Kota Tengah, kecamatan Dolok Masihul, Serdang Bedagai, Sumut. Lahan ini alhamdulilah sekarang sudah bersertifikat yang diperoleh dari program pemberian pengurusan sertifikat gratis untuk rakyat,” tutur Jefri didampingi warga desa lainnya pada Jumat (13/4).

Alhamdulilah dengan sertifikat ini banyak yang bisa kami lakukan. Kami sudah mendapat kredit usaha rakyat yang mana bunganya hanya 7 persen setahun. Sangat membantu bagi petani. Terimakasih bapak Presiden”, sambung Jefri.

Di Kota Siantar, Suparno, warga Jalan Seram Bawah Kecamatan Siantar Barat, menyampaikan hal yang senada. “Saya sudah lama bermimpi memiliki sertifikat atas tanah ini. Sudah 50 tahun lah. Karena program ini mimpi saya selama 50 tahun jadi kenyataan,” kata Suparno saat ditemui di rumahnya, Jumat (13/4).

Suparno berharap, program Jokowi tersebut terus dilanjutkan, supaya bisa mewujudkan mimpi warga lainnya untuk memiliki sertifikat tanah.

Sementara di Langkat, Saleh, Kepala Lingkungan III Mesra, Kecamatan Stabat, juga merasakan dampak yang sama “Program Jokowi bagi-bagi sertifikat, mengangkat ekonomi warga Langkat”, ungkap Saleh seraya menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

Karsahman Nasution (50), warga Siabu Kab Madina juga merasakan berkah program Sertifikat Gratis Jokowi. Karsahman mengisahkan bahwa ia dan keluarganya telah puluhan tahun menempati rumah namun tidak memiliki sertifikat tanahnya.

“Dengan adanya sertifikat ini, maka saya sudah resmi memiliki sebidang tanah yang diakui negara dan sudah bisa mengagunkan ke bank untuk memperoleh pinjaman,” tutur Karsahman pada awak media.

Karsahman melanjutkan bahwa dirinya baru di era Presiden Jokowi mendapatkan kemudahan seperti ini. Sebelumnya Karsahman mengaku kesulitan mengurus sertifikat. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

ilustrasi (Ist)

Tak Miliki e-KTP, 900 Ribu Warga Sumut Terancam Tak Nyoblos

MEDAN, Waspada.co.id – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 27 Juni 2018 sudah semakin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.