_
Home / Sumut / Berbuka Puasa di Masjid Agung Medan Penuh Suasana Religius
WOL Photo

Berbuka Puasa di Masjid Agung Medan Penuh Suasana Religius

MEDAN, Waspada.co.id – Suasana religius benar-benar terasa saat ratusan masyarakat dari berbagai komponen dan profesi berbuka Puasa bersama di Masjid Agung Medan pada hari pertama dan kedua Ramadhan, Kamis dan Jumat (17 dan 18/5).

Pelataran teras depan Masjid termasuk pelataran teras sisi kanan Masjid yang telah ditata baik dan rapi dilengkapi alat pendingin ruangan dipenuhi jamaah yang duduk lesehan, berbaris,  bersila berhadap-hadapan. Di hadapan masing-masing jemaah sudah terhidang penganan berbuka atau takzil.

Tahun ini Masjid Agung Medan menyiapkan 400 sampai 500 paket berbuka Puasa untuk jamaah dan masyarakat. Takzil dan santapan berbuka itu tersedia setiap hari pada bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

“Penyediaan paket berbuka ini salah satu program keumatan pada bulan Ramadhan yang telah diprogramkan jauh-jauh hari oleh BKM Masjid Agung Medan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ramadhan 1439 Hijriah BKM Masjid Agung Medan Drs H Hendra DS didampingi Sekretaris Drs H Abdullah Matondang dan Bendahara H Darwin.

Para Penanggung Jawab yang juga Fungsionaris Masjid Agung Medan diantaranya Ustadz H Azwir Ibn Aziz, H Yuslin Siregar, H Indra Utama, Ir H Mahmuzar Darma Nasution (Totok), Drs H Daudsyah Munthe MM, H Donald Sidabalok, H Suryadi Bahar SH, H Baharuddin Siagian SH MSi, H Subandi SH SpN, DR H Abdul Hakim Siagian SH MH, Musa Idhishah (Dodi) dan lainnya bersyukur kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin .

Dijelaskan paket berbuka Puasa atau takzil yang disediakan panitia bersumber dari sumbangan dari pengurus BKM Masjid Agung dan infaq beberapa tokoh sehingga tidak mengganggu kas Masjid maupun tabung infaq.

Panitia menghitung panganan berbuka yang disediakan perhari dan banyak yang memberi bantuan termasuk dari Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi yang juga Ketua Kenaziran Masjid Agung Medan dan sejumlah perusahaan antara lain Bank Sumut, PT Pelindo I, Aroma dan lain-lain . “Itu murni swadaya dari pengurus BKM Masjid Agung dan infaq masyarakat bukan dari kas Masjid,” kata Hendra yang juga anggota DPRD Medan.

Begitupun, kata H Hendra DS, Panitia Ramadhan BKM Masjid Agung sepakat tetap menerima sumbangan dari masyarakat atau donator yang ingin memberikan santapan untuk berbuka dan Tadarus termasuk untuk Iktikaf nantinya.

Berbuka Puasa bersama di Masjid Agung Medan ini kelihatanya juga dimanfaatkan oleh masyarakat dan jamaah untuk wadah komunikasi sehingga Masjid Agung Medan sore itu juga dipenuhi suasana silaturrahim yang cukup hangat. Jamaah saling menyapa, bertukar kata dan saling berbagi rasa.

Menurut Hendra DS pihaknya memang mengagendakan sebelum berbuka bersama masyarakat dapat bersilaturrahmi. (wol/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

I’tikaf Perdana di Masjid Agung Medan Berlangsung Khusyu’

MEDAN, Waspada.co.id – Melengkapi ibadah di bulan Ramadhan 1440 H, 500-an umat Islam ikut khusyu’ ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.