Home / Sumut / Berbagi Dengan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa Kegiatan Rutin UNPRI Beserta Jajaran
foto: Istimewa

Berbagi Dengan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa Kegiatan Rutin UNPRI Beserta Jajaran

MEDAN, Waspada.co id – Keluarga besar Rumah Sakit Umum Royal Prima, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Prima menggelar acara buka puasa bersama dan menyantuni anak-anak panti asuhan se-Kota Medan, Kamis (31/5) lalu di aula Gedung B RSU Royal Prima Jalan Ayahanda Medan. Program rutin RSU Royal Prima ini dilaksanakan setiap bulan puasa tiba.

Acara buka puasa itu dihadiri Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin beserta jajaran, Ketua Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), drg Anita, Pendiri UNPRI, Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AlFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH MKn, Wakil Rektor IV UNPRI, dr Ali Napiah Nasution MKT, Ketua Yayasan Prima Indonesia, Dr Drg Florenly MPH, Komisaris Independen PT Royal Prima; Dr Heriyanti SH MKn, Pembina Yayasan Cinta Kasih Mandiri (YCKM), Yulina Leonard SH SKG, Direktur RSU Royal Prima Medan, dr Suhartina.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, saat buka puasa bersama tersebut, berharap acara ini tidak hanya sekedar kegiatan seremoni tahunan belaka, tetapi harus dijadikan sebagai kegiatan untuk melihat berbagai realitas fenomena sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. “Jangan sampai program kesehatan yang kita rancang dengan matang ternyata tidak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat karena tidak menyentuh esensi permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat,” kata Wali Kota seraya menjelaskan hikmah puasa.

Sebelum buka puasa bersama, Wali Kota menyerahkan bingkisan lebaran dan paket sekolah kepada puluhan anak yatim piatu yang hadir dalam acara buka puasa bersama tersebut. Wali Kota sangat mengapresiasinya, sebab bantuan untuk anak yatim itu merupakan program rutin RSU Royal Prima setiap bulan puasa tiba.

Sementara itu sebelum menghadiri buka puasa bersama, Wali Kota lebih dahulu menerima audiensi pengurus Universitas Prima Indonesia di RS Royal Prima. Dalam audiensi itu, Wali kota menyambut baik program wirausaha yang diterapkan oleh UNPRI. Sebab itu akan menjadi pengalaman beharga bagi mahasiswa yang nantinya ingin berwirausaha.

Menurut Wali Kota, para mahasiswa yang nantinya magang di berbagai tempat salah satunya di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan dapat menggali ilmu untuk menyiapkan diri mereka memasuki dunia kerja. Di samping itu, keuntungan lainya bila terjalin kerja sama ini ialah aparatur di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Medan dapat menggali ilmu di UNPRI demi pengembangan karirnya.

Sebelumnya Rektor UNPRI, Dr Chrismis Novalinda Ginting M.Kes, menjelaskan bahwa saat ini UNPRI sudah membentuk wadah kewirausahaan, dimana mahasiswa dan alumni dapat bergabung didalamnya. Ada dua divisi dalam kewirausahaan ini, diantaranya divisi karier dan wirausaha. Karenanya, Novalinda mengaharapkan dapat terjalin kerjasama antara UNPRI dengan Pemko Medan sehingga program kewirausaan berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua Panitia, Drs H Hilman Khaidir MPd, menyampaikan bahwa acara buka puasa ini merupakan salah satu program inti RSU Royal Prima dan UNPRI. Sejak tahun 2010 UNPRI melaksanakan Tridharma Perguruan Tingginya dengan sungguh-sungguh, yakni menyusun program peduli terhadap anak-anak yatim dan kaum dhuafa melalui acara buka puasa bersama. “Program peduli terhadap anak-anak yatim dan kaum dhuafa ini, bukan hanya sebatas berbuka puasa serta pemberian bingkisan Ramadhan saja. Di samping itu, UNPRI juga memberikan bea siswa penuh keapada anak-anak yatim dan yang kurang mampu, untuk dapat kuliah di UNPRI,” kata Hilman.

Pendiri UNPRI, Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AlFM, kepada wartawan, Minggu (3/6), mengatakan acara buka puasa ini menunjukan betapa indahnya jika kita mampu berbagi dengan saudara-saudara kita dari panti asuhan. Oleh karena itu, ia berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi keluarga besar RSU Royal Prima dan UNPRI, untuk terus mengembangkan semangat berbagi dan peduli terhadap sesama. Sebagaimana yang kerap disampaikan dr Nyoman, anak-anak dari panti asuhan jangan pernah merasa berkecil hati, apalagi sampai berputus asa.

Tokoh pendidikan dan sosok yang sangat peduli dengan kaum dhuafa ini yakin, anak-anak dari panti asuhan ini memiliki cita-cita yang tinggi dan sukses. Karena itu, pihaknya setiap tahun memberikan beasiswa penuh untuk anak-anak yatim dan untuk anak-anak yang kurang mampu kuliah di UNPRI tanpa dikutip bayaran satu rupiah pun, mulai dari pendaftaran sampai mereka diwisuda. Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan kuota khusus untuk anak-anak dari Persatuan Tuna Netra Indonesia. (wol/mrz/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

“Atasi Banjir Kita Lakukan Pembenahan di Beberapa Titik”

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: