Home / Sumut / Bappeda Segera Bentuk Pokja Percepatan Pembangunan Mebidangro
istimewa

Bappeda Segera Bentuk Pokja Percepatan Pembangunan Mebidangro

MEDAN, WOL – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Utara akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) dalam rangka mempercepat pertumbuhan pembangunan kawasan Mebidangro (Medan, Binjai Deliserdang, Karo) sebagai kawasan strategis nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bappeda Provsu, Irman Dj Oemar, kepada Waspada Online, Selasa (30/5).

Disebutkan, Bappeda akan menjadi penanggungjawab dalam pengembangan kawasan Mebidangro yang akan menjadi lokomotif pembangunan Sumatera Utara.

“Mebidangro lebih duluan ditetapkan oleh pusat sebagai kawasan strategis nasional (KSN) dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Oleh karenanya Bappeda akan membentuk kelompok kerja (pokja) dan saat ini sedang disusun yang terdiri dari unsur akademisi, para pakar dan lainnya,” tutur Irman.

Setelah terbentuk Pokja, akan dibuat strategi pengembangan Mebidangro dengan membuat matrik apa yang mau ditangani, siapa yang menangani dan darimana sumber dananya. “Jadi sumber dana bisa dari pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota,” ujar Irman.

Disebutkan, pengembangan pembangunan Mebidangro adalah keterpaduan wilayah, tanpa memandang batas administrasi wilayah.

“Umpamanya begini, penentuan kawasan, kalaulah kawasan ini kita buat suatu kawasan pemukiman di Medan, yang berbatasan dengan Deliserdang itu jangan lagi industri, harus sinergi. Jadi keterpaduan wilayah, tanpa memandang batas administrasi wilayah, itulah Mebidangro,” kata Irman.

Ditambahkan, pengembangan pembangunan jasa, industri, perdagangan, sangat diperlukan dalam pengembangan Menidangro, itulah lokomotifnya. Seperti kawasan Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) yang bisa menjadi percontohan pengembangan kawasan Mebidangro.(wol/rdn)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hari Terakhir, KPU Sumut Masih Tunggu Perbaikan Berkas Bacaleg

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), masih menerima penyerahan perbaikan berkas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: