Home / Sumut / Bantu Kelancaran Pencarian Korban, DPRD Sumut Apresiasi BUMN
Foto: Waspada.co.id

Bantu Kelancaran Pencarian Korban, DPRD Sumut Apresiasi BUMN

SUMUT, Waspada.co.id – Membantu kelancaran pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun, anggota Komisi C DPRD Sumatera Utara, Muchrid Nasution memberi apresiasi kepada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN), khususnya Pertamina, yang aktif memberikan bantuan.

Pertamina tidak hanya memberikan bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas untuk membantu kelancaran proses pencarian korban, namun juga mendirikan posko kesehatan dan makanan.

“Kita memberi apresiasi kepada mereka, atas kepedulian dan kesigapan dalam memberikan bantuan,”tutur Muchrid di Medan, Minggu (1/7).

Bantuan Pertamina dan BUMN lainnya sangat besar manfaatnya. Tidak hanya bagi masyarakat, namun juga tim pencarian korban yang hingga saat ini masih berusaha menemukan seluruh jenazah korban.

“Apalagi hingga sekarang masih banyak korban yang belum ditemukan, dan kita juga mendoakan semoga para korban segera bisa ditemukan,” jelasnya.

Muchrid juga mengimbau kepada BUMN dan perusahaan lain untuk turut menunjukkan kepedulian mereka. Karena bagaimana pun, bantuan tersebut akan sangat dibutuhkan bagi proses kelancaran pencarian dan evakuasi, serta pengobatan bagi masyarakat.

“Saya berharap agar BUMN saling tolong-menolong ketika ada saudara kita yang tertimpa musibah,”himbaunya.

Sebagai salah satu BUMN yang peduli, Pertamina tidak hanya mendirikan Posko ‘Pertamina Peduli’, yang memberikan bantuan kesehatan dan makanan.

“Selain itu, Pertamina juga menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) bagi operasional kapal pencarian korban. Hingga saat ini, tercatat BUMN itu sudah memberikan 5.800 liter BBM, yang terdiri atas Pertalite dan Solar, serta 360 paket pelumas Mesrania 2T Super,” tambah Muchrid.

Posko Pertamina Peduli juga ramai dikunjungi warga maupun keluarga korban. Beragam keluhan kesehatan ditangani di posko tersebut. Masyarakat sekitar juga banyak memanfaatkan posko gratis itu dengan pengobatan anak sakit dan anggota keluarga lainnya. Antusias itu terlihat dari padatnya kunjungan di sana dengan rata-rata masyarakat yang terlayani sebanyak 30 orang per hari.

Dalam memberikan bantuan layanan kesehatan di posko tersebut, Pertamina bekerjasama dengan PKPU, dengan jumlah dokter sebanyak 3 orang, perawat 3 orang dan 2 apoteker. Layanan yang diberikan adalah pemeriksaan kesehatan, cek gula darah, kolesterol, dan sebagainya.

Sementara menurut, Ifriyantono, Kepala Jasa Raharja Cabang Sumut penghargaan kepada Pertamina juga diberikan BUMN lain yang bertugas memberikan santunan bagi para korban, Jasa Raharja. Sebagai BUMN yang ‘berkepentingan’ terhadap penemuan jenazah, Jasa Raharja menilai bahwa bantuan BBM dan pelumas Pertamina sangat membantu kelancaran operasi pencarian.

“Kami juga memberi apresiasi kepada BUMN yang memperlancar operasi SAR ini. Bagi kami, Pertamina juga sangat membantu sekali,” lanjutnya.

“Dalam memberikan santunan, Jasa Raharja memang harus menunggu jenazah ditemukan. Setelah jenazah tersebut diidentifikasi, barulah Jasa Raharja memberikan santunan masing-masing Rp50 juta kepada ahli waris korban. Namun jika masih ada jenazah yang belum ditemukan setelah operasi berakhir nanti,” pungkasnya.(wol/Eko/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Ribuan Pekerja Pertamina Sehari Mengajar Siswa SD dan Beri Bantun Sekolah

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong pendidikan, ribuan pekerja Pertamina satukan energi dan sebarkan semangat positif ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: