_
Home / Sumut / Bangun RSU Haji Internasional, Pemprovsu Undang Konsultan Asing
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Bangun RSU Haji Internasional, Pemprovsu Undang Konsultan Asing

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berencana membangun RS Umum Haji Medan bertaraf interasional.

Hal ini sesuai visi misi Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagubsu) Musa Rajekshah dalam rangka penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas menuju Sumatera Utara bermartabat.

Berbagai upaya percepatan pembangunan pun dilakukan, di antaranya mengundang konsultan dari Jerman, yaitu GM German Medical Trading (GMT), Jhon Khwaja. GMT merupakan perusahaan konsultan pembangunan rumah sakit atau pelayanan kesehatan yang berbasis di Jerman dan dikenal sebagai penyuplai peralatan rumah sakit.

Pada Kamis (15/8), Khwaja meninjau RSU Haji Medan didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan Direktur RS Haji Khainir. Atas kunjungan Khwaja, Khainir menyambut baik upaya pembangunan rumah sakit bertaraf internasional tersebut serta mengapresiasi dukungan GMT dalam rencana Pemprovsu.

Meski bertaraf internasional, kata Khainir, nantinya biaya berobat di RSU Haji haruslah tetap terjangkau oleh seluruh masyarakat. Kadis Kesehatan Provsu, Alwi Mujahit Hasibuan, sangat bersyukur adanya rencana pembangunan RSU Haji Medan bertaraf internasional.

“Keberadaan RS bertaraf internasional sangat dibutuhkan masyarakat Sumut, karena selama ini masih banyak berobat ke luar negeri. Dengan ada RSU Haji Medan bertaraf internasional, kita harapkan masyarakat lebih nyaman dan percaya berobat di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Jhon Khwaja mengatakan semua pihak mulai dari pimpinan hingga staf harus memiliki semangat tinggi agar rumah sakit bertaraf internasional terwujud. Dikatakan, pembangunan rumah sakit tidak perlu seutuhnya menggunakan dana pemerintah.

Lantaran rumah sakit juga bisa dijadikan pendapatan daerah, pembangunan juga bisa dilakukan dengan mencari investor dari berbagai organisasi dunia. Untuk itu, Khwaja mengatakan selanjutnya akan meminta bantuan dari pihak yang memahami bidang tersebut.

Setelah RSU Haji Medan, Khwaja dan rombongan juga meninjau UPT RS Khusus Mata dan RS Khusus Paru pada Jumat (16/8). (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Musda XIV KNPI Sumut Akan Digelar di Grand Mercure

MEDAN, Waspada.co.id – Musyawarah Daerah (Musda) XIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan digelar 19-20 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.