_
Home / Sumut / Asian Agri Ajak Petani Peduli Lingkungan
WOL Photo

Asian Agri Ajak Petani Peduli Lingkungan

ASAHAN, WOL – Asian Agri melalui unit bisnisnya yaitu PT Gunung Melayu yang berada di Kabupaten Asahan bekerja sama dengan Asosiasi Petani Swadaya Anugerah dan Pemerintahan Desa Gonting Malaha memperingati Hari Pohon Sedunia, Rabu (6/12) lalu di Desa Gonting Malaha, Kecamatan Bandar Pulau.

Pada peringatan Hari Pohon tersebut perusahaan dan petani swadaya melakukan penanaman secara simbolis di halaman balai pertemuan petani swadaya dan selanjutnya melakukan penanaman disekitar sepadan Sungai Aek Tarum.

Sebelum melakukan penanaman pohon, Group Manager PT Gunung Melayu – Asian Agri, Victory Brahmana, menyerahkan secara simbolis bantuan bibit buah-buahan kepada Ketua Asosiasi Petani Swadaya, M Rafiq Silitonga, disaksikan oleh Sekcam Bandar Pulau, M Simanjuntak, Kepala Desa Gonting Malaha, Sofian Sitorus, UPT Pertanian, C Simanjuntak, Koordinator CSR, Fajar Suryono, Humas perusahaan Agus Salim, Ketua Kelompok Tani, serta Anggota Petani Swadaya.

Dalam kesempatan tersebut, GM PT Gunung Melayu, Victory Brahmana, menyampaikan bahwa di akhir penghujung tahun 2017 perusahaan melalui Program CSR bersama Asosiasi Anugerah dan Pemerintahan Desa melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan untuk sekitaran sungai dan pekarangan rumah supaya lingkungan disekitar kita tetap terjaga.

“Penanaman bibit pohon ini dalam jangka panjang bertujuan untuk menghijaukan dan menjaga ekosistem daerah sekitar sungai, di mana sekitar sungai merupakan areal bernilai konservasi tinggi dan juga sebagai investasi masa depan keluarga dalam menjaga lingkungan sekitar kita, sesuai dengan tema peringatan Hari Pohon kita pada hari ini ‘Menanam Pohon untuk Masa Depan dan Keseimbangan Alam yang Berkelanjutan’,” katanya melalui rilis yang diterima Waspada Online, Senin (11/12).

Ditambahkan, Asian Agri melalui Program CSR juga sangat fokus untuk melakukan pembinaan terhadap petani kelapa sawit swadaya yang berada di sekitar perusahaan. Perusahaan akan terus melakukan pembinaan kepada petani sampai petani benar-benar berhasil, baik secara teknis budidaya dan kelembagaan sehingga produksi bisa meningkat dan memperoleh sertifikasi berkelanjutan, seperti ISPO, RSPO ataupun ISCC. “Memang hal ini tidak mudah, memerlukan proses dan kesabaran, tapi kita yakin dengan semangat petani Desa Gonting Malaha pasti akan berhasil,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Sekcam Bandar Pulau, M Simanjuntak, mengatakan bahwa Asian Agri merupakan mitra yang sangat strategis. Ia sudah sering mengikuti dan melihat kegiatan CSR seperti budidaya ikan, bangunan sawung posyandu, perbaikan jalan produksi dan desa, perpustakaan, dan lain sebagainya.

“Saat ini kita kembali akan melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan yang diberikan oleh perusahaan. Untuk itu kita kalau berteduh dibawah pohon atau panen buah-buahan jangan lupa untuk mengingat siapa yang menanam dan bibitnya dari mana. Kegiatan ini dapat menunjang perekonomian masyarakat desa jika tanaman tumbuh dan berkembang secara baik. Untuk itu perawatan dan pemelihaan harus dilakukan secara baik pula,” katanya.

Dalam peringatan Hari Pohon tersebut, bibit pohon buah-buahan yang ditanam di areal sekitar sungai adalah Jengkol, Petai, Durian dan Manggis. Sementara untuk pekarangan rumah adalah Alpokat, Duku, Jambu Air, Kelengkeng, dan tanaman buah lainnya dengan jumlah total 1020 batang.

Kepala Desa Gonting Malaha, Sofian Sitorus didampingi Ketua Asosiasi Anugerah, M Rofiq Silitonga, menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan program yang sudah di rencanakan dari tahun lalu dengan perusahaan. Di mana pemerintahan desa fokus dengan pengembangan buah lokal untuk rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan rumah, sementara Asosiasi Anugerah fokus pada Areal Sepadan Sungai untuk menjaga erosi dan longsor disekitar sungai.

“Saya mewakili masyarakat Desa Gonting Malaha berterima kasih pada Asian Agri yang sudah merealisasikan rencana kita setahun yang lalu dengan melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan, kita berharap 5 tahun kedepan Desa Gonting Malaha menghasilkan banyak pilihan buah-buahan lokal, seperti bibit yang tersedia saat ini, ada Durian, Apokat, Jengkol, Petai, Jambu Air, Duku dan lain sebagainya,” terangnya.

Ketua Asosiasi Anugerah, M Rafiq Silitonga, menambahkan salah satu program asosiasi adalah melakukan penanaman di areal sekitar sungai. Karena sepadan sungai merupakan areal yang harus kita lindungi dan kita bebaskan dari tanaman kelapa sawit. “Dan target kami tahun ini yang akan kami tanami sepanjang 3 km. Hal ini sebagai wujud nyata Asosiasi Anugerah dalam mengelola Kelapa Sawit yang Berkelanjutan,” paparnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Salurkan Dana CSR, Asian Agri Bantu Rumah Ibadah

ASAHAN, Waspada.co.id – Asian Agri yakin, untuk mencapai keberlangsungan bisnis yang berkelanjutan, keberadaan perusahaan harus memberikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.