_
Home / Sumut / Asap Riau, KNIA Lakukan Peningkatan Kewaspadaan Penerbangan
WOL Photo

Asap Riau, KNIA Lakukan Peningkatan Kewaspadaan Penerbangan

BERINGIN, Waspada.co.id – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau memberikan dampak terhadap penerbangan di Kualanamu International Airport (KNIA), Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang.

Asap Karhutla tersebut berdampak pada jarak pandang penerbangan di bandara tujuan rendah. Demikian hal ini disampaikan Executive General Manager, Bayuh Iswantoro, Rabu (25/9).

Sejauh ini jarak pandang di KNIA sekitar 1200 s/d 1500 meter dari data BMKG.

Manajeman PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan langkah Komunikasi dan Koordinasikan kepada Otoritas Wilayah II, BMKG, PT Airnav Indonesia, Instansi Permerintah, dan seluruh para Airline.

“Ini untuk meningkatkan kewaspadaan keselamatan operasi penerbangan dan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan Bandara Kualanamu untuk menjaga keselamatan operasional penerbangan (acceptable level of safety),” tuturnya.

Komunikasi dan koordinasi serta dapat terlaksananya dalam mematuhi dan melaksanakan peraturan keselamatan operasi standar penerbangan.

“Menjamin dan memastikan secara teknis agar segala fasilitas kualitas pendaratan termasuk landasan parking, lampu pendaratan, lampu runway, dan alat bantu visual supaya berfungsi dengan baik. Harapan dengan kondisi yang berkabut ini visibility berkurang namun secara fungsi alat bantu navigasi pendaratan yang berkerja secara optimal,” ujarnya.

Berkoordinasi dengan BNPB bersama-sama dalam mengawasi peta titik-titik yang berpotensi menjadi api yang ada di seputaran Sumatera Utara dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) terus mengawasi peta titik api yang ada di Kawasan Sumatera dan Kalimantan karena imbas dari dampak asap ini adanya penurunan visibility penerbangan.

“Petugas KNIA diimbau agar menggunakan alat pelindung diri (masker) bila beraktivitas di luar ruangan dan menjaga stamina/kebugaran tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan buah-buahan. Berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dalam upaya penindakan terhadap pelaku dugaan pembakaran lahan dan hutan di Sumatera Utara,” tandasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

适适

Check Also

BMKG: Tak Mungkin Asap Indonesia Melintasi Malaysia

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa tidak ada asap lintas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.