Home / Sumut / Antusiasme pendonor darah baru cukup tinggi

Antusiasme pendonor darah baru cukup tinggi

MEDAN, WOL – Ketua panitia kegiatan donor darah yang diselenggarakan Taruna Merah Putih dan Palang Merah Indonesia Brilian Moktar di gedung DPRD Sumatera Utara melihat antusiasme pendonor baru di Kota Medan cukup banyak. Dari data jumlah pendonor hari Minggu lalu tercatat bahwa jumlah pendonor baru sebanyak 356 orang.

“Awalnya mereka takut. Tapi karena melihat hadiah doorprize sepeda motor, mereka jadi semangat mendonor,” kata Brilian, hari ini.

Ia menilai banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat sehat dari mendonor. Padahal, lanjut Brilian, banyak manfaat sehat yang didapat dari mendonor darah. “Saya pribadi sendiri sudah sering mendonor sejak PMI sudah aktif,” tuturnya.

Brilian menyebutkan, jumlah pendonor pada kegiatan donor darah hari Minggu lalu sebanyak 647 orang dengan rincian pendonor baru sebanyak 356 orang dan pendonor ulang sebanyak 291 orang.

Namun tidak semua pengunjung yang datang dapat mendonorkan darahnya. Brilian mengatakan, kurang lebih 190 orang tidak dapat mendonorkan darahnya.

“98 orang tidak bisa mendonor karena HB-nya rendah. 61 orang karena tekanan darah tinggi, 30 orang karena berat badan tidak memenuhi syarat, dan 18 orang karena alasan lain.” (wol/data1)

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Massa Pro-Kontra Jokowi Bentrok

MEDAN, Waspada.co.id – Aksi unjukrasa turunkan Presiden RI, Jokowi, oleh sejumlah massa Aliansi Pergerakan Mahasiswa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: