Breaking News
Home / Sumut / Anggota DPR-RI Sosialisasikan Germas
WOL Photo
WOL Photo

Anggota DPR-RI Sosialisasikan Germas

BINJAI, WOL – Anggota DPR-RI, Anshory Siregar, berinsiatif menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Binjai Barat, Minggu (10/9) lalu. Menurut Ansyori, masih banyak persoalan kesehatan yang perlu diselesaikan.

“Masalah masih adanya ditemukan warga kurang gizi, usia perilaku merokok semakin muda atau trend penyakit tidak menular,” ujarnya di hadapan masyarakat dan perwakilan Kemenkes RI, Kadis Kesehatan Binjai serta undangan lainnya.

Kemenkes RI diwakili Galopong Sianturi selaku Kepala Subdirektorat Bina Kewaspadaan Gizi Kementerian Kesehatan. Galopong mengatakan ada tiga fokus kegiatan sebagai langkah awal penguatan program Germas. Selain deteksi dini PTM, masyarakat didorong untuk membiasakan konsumsi sayur dan buah disertai peningkatan aktivitas fisik dengan berolahraga.

“Tujuan utama kami ingin mengurangi faktor risiko penyakit secara khusus. Daya ungkitnya sendiri adalah gizi,” ujarnya.

Masalah gizi berkaitan erat dengan kebiasaan mengonsumsi sayur dan buah. Namun, hasil Riset Kesehatan Dasar Kesehatan (Riskesdas) pada 2014 justru menunjukkan 93,5% penduduk di atas usia 10 tahun kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Artinya, lanjut Galopong, hanya sekitar 7% yang telah memahami pentingnya kandungan gizi pada sayur dan buah. Ironis lagi, kondisi tersebut diperparah dengan 36,3% penduduk usia di atas 15 tahun yang merokok, bahkan 1,9% di antaranya perempuan.

Kadis Kesehatan Binjai, Mahaniari Manalu, mengemukakan sebagian besar masyarakat Binjai belum mengerti apalagi menyadari kondisi kesehatan yang sedang dialami. Untuk itu, sedini mungkin mereka harus disadarkan supaya rajin melakukan kontrol kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Menurut Mahaniari, Germas dapat dilakukan dengan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok maupun alkohol, periksa kesehatan rutin, lingkungan bersih, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, Germas secara nasional dimulai dengan fokus pada tiga kegiatan.

Tiga kegiatan dimaksud adalah melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin tanpa membutuhkan biaya besar. (wol/aa/rr)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ilustrasi

Umat Beragama Diingatkan Jaga Kerukunan dan Toleransi

TANJUNGBALAI, WOL – Kerukunan antar umat beragama menarik perhatian seluruh elemen bangsa, tak terkecuali aktifis ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.