Breaking News
Home / Sumut / Anggaran ADD Tidak Cukup Untuk BUMDES
WOL Photo
WOL Photo

Anggaran ADD Tidak Cukup Untuk BUMDES

LUBUKPAKAM, WOL – Kepala Bagian Pemerintah Desa (Kabag PD) Pemerintahan Kabupaten Deliserdang, Agus Suroto, mengatakan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tidak mencukupi untuk membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“BUMDes itu berasal dari Dana Desa, bukan dari ADD, sebab anggaran ADD tidak mencukupi untuk membuat BUMDes. Karena untuk gaji Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa serta Kepala Dusun (Kadus), anggarannya sudah terserap cukup besar,” ungkap Agus di ruang kerjanya, Kamis (12/10).

“Kalau pihak Pemerintahan Desa memang mampu membuat BUMDes dari ADD dengan tidak mengaji perangkatnya, ya tidak apa-apa. Tapi itu kan tidak mungkin perangkat desa tidak digaji,” terangnya menambahkan pihaknya menekankan anggaran BUMDes berasal dari Dana Desa, bukan dari dana ADD.

Lebih lanjut, dana ADD dari Pemerintahan Pusat diperuntukkan untuk Penghasilan Tetap (Siltap) dan Tunjangan Kepala Deda dan perangkat desa serta Kepala Dusun (Kadus). Lalu, sambung Agus, ADD tersebut untuk operasional perkantoran, pembangunan (infrastruktur), pembinaan, yakni hari besar agama, hari besar nasional, sarana olahraga, dan pemberdayaan masyarakat.

“Yang jelas, BUMDes berasal dari Dana Desa sebab sudah diprogramkan yang pertama pada tahun kedua. Karena itu, kami ingin Dana Desa tersebut ada kontribusi dalam memberikan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) pada masing-masing desa,” lanjutnya.

“Dana Desa ini kan tidak terus menerus ada. Mungkin 1 hingga 2 tahun lagi programnya habis. Makanya dibuatlah BUMDes berdasarkan bidang usaha apa yang kana dibuat nantinya oleh setiap desa,” jelasnya mengakhiri. (wol/aa/tris/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

WOL Photo/Lihavez SA

Gubsu Lantik 17 Satgas Pemberantasan Narkoba

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi, melantik 17 Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Pencegahan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.