Home / Sumut / Aktivitas Vulkanik Tinggi, Letusan Sinabung Disertai Gempa
Kepala Pusdatim dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (foto: ist)

Aktivitas Vulkanik Tinggi, Letusan Sinabung Disertai Gempa

KARO, WOL – Hingga saat ini  aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara masih sangat tinggi. Gunung berapi tersebut kembali meletus besar pada Senin (19/2) pagi.

“PVMBG melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung masih sangat tinggi. Status Awas. Selama hari ini Senin (19/2) dari pukul 06.00-12.00 WIB telah berlangsung 1 kali gempa letusan dengan 607 detik, 1 kali awan panas letusan, dengan durasi 607 detik, 10 kaki awan panas guguran dengan durasi 195-792 detik, 14 kali gempa guguran, 5 kali gempa hembusan, 1 kali gempa low frekuensi, dan 5 kali gempa vulkanik dalam,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pasan WhatsApp-nya kepada Waspada Online Senin (19/2).

Menurut Sutopo, Kepala BNPB Willem Rampangilei telah memerintahkan Tim Reaksi Cepat BNPB melakukan pendampingan kepada BPBD Karo. BPBD Karo telah melaporkan penanganan letusan Gunung Sinabung kepada Kepala BNPB.

“Berdasarkan laporan BPBD Karo tidak ada korban jiwa. Tidak ada tambahan pengungsi. Pengungsi lama sudah ditempatkan di hunian sementara dan sebagian mendapat bantuan sewa rumah dan lahan pertanian dari BNPB. Kebutuhan mendesak adalah masker dan mobil tangki untuk menyemprot abu vulkanik di jalan dan permukiman warga,” kata Sutopo.

Masyarakat dan pengunjung/wisatawan kata Sutopo, diimbau tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur G. Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar.

“Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir,” katanya. (wol/data2)

Editor: Ridin

Check Also

KPU Sumut Sebar 9.291.800 Surat Suara Pilgubsu ke 27.478 TPS Se-Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, mengatakan rencananya 30 Mei 2018, seluruh surat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: