_
Home / Sumut / Air Terjun Bulu Boltak Surga Tersembunyi di Batangtoru
Air Terjun Bulu Boltak di Batangtoru (WOL Photo/M. Rizki)

Air Terjun Bulu Boltak Surga Tersembunyi di Batangtoru

BATANGTORU, Waspada.co.id – Air Terjun Bulu Boltak salah satu surga tersembunyi di dalam kawasan hutan lindung ekosistem Batangtoru. Berjarak 1 Km dari camp mayang, mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan asri nan eksotik yang belum terjamah oleh manusia.

Ketinggian air terjun ini diperkirakan 20 meter lebih, dengan kedalaman lebih kurang 12 meter, sangat masih terjaga keasriannya.

Di sekitar air terjun masih terdapat tumbuhan liar khas hutan hujan Sumatera. Hamparan dedaunan hijau menambah keindahan alam ciptaan sang Maha Pencipta.

Jhon Fery Manurung staf Yayasan Ekosistem Lestari Project Batangtoru, mengatakan bahwa Air Terjun Bulu Boltak ini sangat terjaga keasriannya. Ia pun berharap kondisi ini tetap alami tanpa adanya campur tangan manusia.

“Kalau lokasi ini terbuka untuk umum, bisa kita lihatlah seperti apa kerusakan yang bakal terjadi,” ucapnya kepada Waspada Online, Kamis (2/5).

Jhon menambahkan, Air Terjun Bulu Boltak ini merupakan salah satu penyuplai cadangan air untuk PLTA Sihaporas. Meskipun masih ada sumber air lainnya, namun keberadaan air terjun ini sangat membantu.

“Ini yang perlu kita jaga seterusnya bang. Biarkanlah air terjun ini tetap alami selamanya,” ucapnya.

Kelestarian Ekosistem Batangtoru sangat bergantung kepada manusia. Jika manusia tidak mengedepankan hawa nafsunya dengan mengeksplorasi seluruh kekayaan hasil buminya, maka keberadaan biodeversity yang ada di dalamnya dapat terjaga dengan baik.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

DPR RI dan USU Sinergi Dukung Percepatan Pengerjaan PLTA Batangtoru

BATANGTORU, Waspada.co.id –Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu yang menyaksikan penandatangan kerjasama itu, menyatakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: