Home / Sumut / Abdillah Terdepak dari Balon DPD RI
Foto: Waspada.co.id

Abdillah Terdepak dari Balon DPD RI

MEDAN, Waspada.co.id – Setelah Syamsul Arifin, satu lagi terdepak dari bakal calon (balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI

Balon DPD RI tersebut adalah mantan Wali Kota Medan Abdillah, yang sebelumnya telah lulus syarat dukungan calon DPD RI dari 19 nama yang wajib mendaftar ulang untuk memberikan syarat administrasi balon DPD RI di KPU Sumut pada tanggal 9 Juli sampai tanggal 11 Juli 2018 kemarin.

“Abdillah dinyatakan TMS karena menyalahi PKPU No 14/2018 pasal 60 ayat 1 poin J,” tegas Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, seusai penyampaian berita acara hasil penelitian administrasi syarat calon, Jumat (20/7).

Menurutnya, Abdillah dinyatakan tidak memenuhi ketentuan PKPU No. 14/2018 soal larangan calon anggota DPD pernah terlibat tindak pidana korupsi, pelecehan seksual terhadap anak serta bandar narkoba.

Senbelumnya pihak KPU Sumut menerima pendaftaran Abdillah karena pertimbangan tidak serta merta bisa menolak. Proses pendaftarannya tetap diterima untuk kemudian diteliti syarat pencalonannya memenuhi ketentuan atau tidak.

Abdillah pernah terjerat tindak pidana korupsi yang menyebabkannya sempat dijebloskan ke dalam penjara selama beberapa tahun.

Selain Abdillah, mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin yang juga pernah tersangkut kasus korupsi sempat hendak mencalonkan diri menjadi anggota DPD, namun urung mendaftar.(wol/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

Semua Parpol Daftar Bacaleg DPRD Sumut, Lima Tak Lengkap Berkas

MEDAN, Waspada.co.id – Hingga batas akhir pukul 24.00 WIB tanggal 17 Juli 2018, Komisi Pemilihan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: