_
Home / Sumut / 5 TKI Jadi Korban Trafficking di Malaysia
WOL Photo

5 TKI Jadi Korban Trafficking di Malaysia

KUALANAMU, WOL – Lima Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga korban trafficking (perdagangan manusia) di Malaysia dipulangkan lewat Kualanamu International Airport (KNIA), dengan pesawat AirAsia QZ 107 dan Lion Air, Jumat (4/11) kemarin.

Para TKI tersebut mengaku disiksa, tidak diberi makan serta tidak digaji selama bekerja. Informasi yang dihimpun, lima TKI tersebut adalah Sur (23 tahun) asal Desa Patumbak, ES (18 tahun) asal Aceh Timur, Ruj (41 tahun) asal Tanjungmorawa, LG (45 tahun) asal Karo, dan Feb (32 tahun) asal Surabaya.

Mereka dipulangkan ke tanah air via KNIA dengan dua penerbangan, difasilitasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Pulau Penang bekerja sama dengan Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3 TKI) Medan.

Sur, TKI asal Deliserdang, mengaku trauma bekerja di Malaysia. Sebab, bukan hanya persoalan gaji yang tidak dibayar majikan, namun dia juga mengaku diperlakukan tidak manusiawi. “Saya disiksa, tangan diikat dan tidak diberi makan,” katanya sembari menyeka air mata.

Padahal, agen tenaga kerja yang memberangkatkannya ke Malaysia berjanji akan mempekerjakan Sur sebagai pembantu rumah tangga (PRT) dengan gaji RM 700 atau sekira Rp2,1 juta per bulan.

Lain halnya dengan ES, TKI asal Aceh Timur. Dia mengaku ditipu calo tenaga kerja asal Langsa. “Gaji besar yang dijanjikan agen hanya isapan jempol belaka,” ujarnya.

Selain, tempat kerja yang tidak sesuai dengan janji agen, perlakuan sang majikan juga kasar.

Para TKI yang dipulangkan itu sangat bersyukur bisa kembali dengan selamat. “Dalam kasus kami ini, tim dari Poldasu juga sempat berkunjung ke Malaysia,” ujar Sur.

Ke depan, mereka berharap agen yang memberangkatkannya dan memetik hasil dari TKI, agar diproses secara hukum. Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Medan, Amir Hakim Abdi Sihotang, didampingi Suyoto selaku Koordinator BP3TKI Kualanamu menyatakan prihatin akan nasib kelima TKI itu.(wol/aa/wsp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Mantap! STIK-P Makin ‘Go International’

MEDAN, Waspada.co.id – Setelah menerima kunjungan mahasiswa jurnalistik School of Communication di Universiti Sains Malaysia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: