_
Home / Sumut / 200 Remaja Labura ikuti Promosi Program GenRe
foto: ist

200 Remaja Labura ikuti Promosi Program GenRe

LABURA, Waspada.co.id – Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Sumut ke-26, digelar Sosialisasi Program Generasi Berencana (GenRe) yang diikuti oleh 200 Remaja, Rabu (4/9). Acara yang dilaksanakan di Aula Rumah Bupati Labura ini mengambil tema “Remaja Hebat untuk Keluarga Bermartabat”.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Prov.Sumut – Temazaro Zega, Wakil Bupati Labura – Dwi Prantara, Hendriyanto – Anggota DPRD Kab.Labura, Kepala Dinas PPKB Prov.Sumut – Wan Hidayati, M.Sueib – Kepala Dinas PPKB Labura, Sekretaris TP PKK Prov.Sumut – Reza Fahlevi, dan Forum GenRe Sumut.

Dalam sambutaannya Kepala Perwakilan BKKBN Sumut – Temazaro Zega menjelaskan bahwa Jumlah remaja saat ini sangat besar, sepertiga dari jumlah penduduk indonesia. Kondisi menuntut seluruh jajaran harus memiliki kepedulian besar terhadap remaja, karena nasib bangsa ke depan sangat bergantung bagaimana kualitas remaja yang kuta siapkan hari ini.

Remaja harus terhindar dari keterpaparan perilaku beresiko, seks pranikah, pernikahan dini, napza.

Melalui program genre, remaja dipersiapkan menjalani 5 transisi kehidupan yaitu pendidikan, pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat dan mempraktekkan hidup sehat. Program GenRe akan melahirkan remaja yang tangguh, unggul dan berdaya saing.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Labura serta seluruh jajaran Pemkab Labura yang memiliki komitmen dan dukungan kuat terhadap Program Remaja sehingga kedepan diharapkan mampu mencetak generasi remaja Labura yg dapat diandalkan,” ujar Temazaro lebih lanjut.

Selanjutnya dilanjytkan dengan dialog interaktif dengan menghadirkan narasumber M.affandi Matondang (Duuta GenRe Sumut 2018), Hendriyanto (anggota DPRD Labura), M. Sueib ( Kadis PPKB Labura) dan Temazaro Zega (BKKBN Sumut).

Dalam dialog tersebut Kepala Perw.BKKBN Sumut mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Keluarga Nasional Setiap tahun dilaksanakan berdasarkan Keppres No.39 Tahun 2014, dimaksudkan sebagai KIE kepada masyarakat bahwa keluarga adalah sumber utama dalam menghasilkan SDM anggota yang berkarakter dan berkualitas.

Lebih lanjut Temazaro dikatakannya Perkembangan teknologi khususnya media intenrnet, memiliki pengaruh positif dan negatif bagi masyarakat. Tidak jarang akan membentuk pribadi yang lebih individualistis. Melalui Program Kembali ke Meja Makan, BKKBN mengingkatkan kembali kepada masyarakat akan pentingnya kumpul bersama seluruh anggota keluarga mulai pukul 18.00 – 21.00.

Sementara itu M. Fandi Matondang mengajak seluruh peserta untuk menjadi remaja yang mandiri, remaja yang mampu dengan baik merencanakan kehidupannya, remaja yang mamou menempatkan diri pada lingkungannya, mampu meningkatkan kemampuan diri sehingga memiliki daya saing dan berkualitas.

Hal senada diungkapkan Hendriyanto, Anggota DPRD Labura mengajak seluruh remaja di Labura untuk memiliki sifat yang mandiri dan bertanggungjawab “Sejak kecil saya dididik menjadi manusia yang mandiri dan bertanggungjawab, ini menjadi pegangan bagi saya dalam menjalani kehidupan, “jelasnya.

Dalam kesempatan lainnya , Kepala Dinas PPKB Kab.Labura – M.Sueib menjelaskan bahwa tantangan permasalahan remaja di Labura sangat besar, tingginya angka pernikahan dini dan angka perceraian. Berkat Program GenRe ini serta dukungan Bapak Bupati angka pernikahan dini dan perceraian di Labura dapat ditekan,” ujarnya. (wol/rls/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

BKKBN Sosialisasikan Program Lini Lapangan di Desa Tanjung Sialang

MADINA, Waspada.co.id – Melaksanakan sosialisasi Program Lini Lapangan, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut mengunjungi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.