Home / Sumut / 161 Kades di Dairi Hamburkan Dana Desa
Ilustrasi

161 Kades di Dairi Hamburkan Dana Desa

SIDIKALANG, WOL – Sebanyak 161 kepala desa di Kabupaten Dairi akan bertolak ke Yogyakarta, Minggu (23/10), untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) selama enam hari.

Sumber menyebutkan untuk mengikuti kegiatan Bimtek, masing-masing kepala desa wajib membayar Rp12 juta yang langsung dipotong dari dana desa. Jumlah keseluruhan mencapai Rp1,9 miliar. Dana itu disetor ke kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Dairi.

Keberangkatan 161 Kades ke Yogyakarta diprotes beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Mereka menilai para Kades hanya menghambur-hamburkan uang dengan kedok Bimtek. Ketua LSM Suara Informasi Korupsi Anggaran Pemerintah (SIKAP), Jonner Nainggolan, menilai keberangkatan Kades itu hanya untuk menghamburkan anggaran.

“Kalau memang Kades itu mau dibekali dengan ilmu pemerintahan, lebih baik pembimbingnya yang didatangkan ke Dairi untuk menghemat anggaran,” katanya, Jumat (21/10).

Jonner mendesak Bupati Dairi agar membatalkan rencana keberangkatan Kepala Desa ke Yogyakarta tersebut. Menurut Jonner, Bimtek lebih baik dilaksanakan di Dairi dengan mendatangkan tenaga ahli sehingga dana desa tidak terbuang sia-sia.

“Kita khawatir Pemkab Dairi bisa terjerat hukum karena menggunakan dana desa untuk Bimtek ke luar kota tanpa ada payung hukumnya,” ujar Jonner.

Sekda Dairi, Sebastianus Tinambunan, mengakui bahwa 161 kepala desa di daerah itu akan berangkat ke Yogyakarta pada Minggu (23/10) mengikuti Bimtek. Kepala BPMPD Dairi, Pasder Berutu, juga mengakui 161 Kades berangkat Yogyakarta menggunakan dana desa yang bersumber dari APBN.(wol/aa/wsp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PLN dan Pemprovsu Sinergi Wujudkan Sumut Tujuan Pariwisata dan Investasi

MEDAN, Waspada.co.id – Wujudkan Sumut menjadi daerah tujuan pariwisata dan investasi, PLN (Persero) Wilayah Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: