Home / Sumut / 14 Balon DPD RI Daftar di KPU Sumut
Foto: Waspada.co.id

14 Balon DPD RI Daftar di KPU Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 14 orang bakal calon (Balon) meramaikan pendaftaran sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Sumatera Utara, menjelang penutupan penyerahan syarat dukungan perseorangan calon peserta DPD RI di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (25/4).

“Ini hari keempat, dengan kehadiran Bapak Parlindungan Purba maka menjadi 13 peserta diikuti Pak Aidan Nazwir Panggabean diurutan ke-14 peserta yang mendaftar sebagai anggota DPD RI,” jelas Komisioner KPU Sumut, Iskandar Zulkarnain yang menerima pendaftaran saat itu di ruang aula KPU Sumut.

Iskandar berharap seluruh balon yang mendaftar sudah memenuhi syarat pendaftarannya, karena memudahkan tim di KPU yang terdiri dari 7 kelompok dalam melakukan penelitian berkas semua balon.

“Sesuai PKPU itu kami lakukan secara transparan dan kauntabel, jadi kami minta para balon turut menyiapkan tim-nya  yang bertindak sebagai saksi dari seluruh proses ini,” terangnya.

Adapun dari masa pendaftaran dibuka yakni 22 April sampai dengan 25 April 2018, disampaikan Iskandar, KPU Sumut telah memberi kepada 6 balon sebagai tanda terima. Hal itu dilakukan karena berdasarkan penilaian mereka sudah  menyesuaikan antara hard copy dengan soft copy yang diserahkan ke KPU Sumut dari penyerahan syarat dukungan tersebut.

“Ada 6 balon diberikan tanda terima, satu diantaranya Abdillah yang telah menyerahkan syarat dukungannya pada selasa (24/4) pagi ke KPU Sumut,” sebutnya.

Lebih lanjut, dikatakan Iskandar, sesuai tahapan selama pendaftaran dibuka 22 April – 25 April, dibatasi jadwal penyerahan syarat dukungan tersebut sampai pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan di hari penutupan, Kamis (26/4) ada penambahan waktu yakni berakhir hingga pukul 24.00 WIB.

Diketahui, Iskandar menambahkan setelah tahapan penyerahan syarat dukungan perseorangan calon peserta DPD RI yang dilakukan dari 22 April – 26 April 2018, maka tahapan berikutnya mulai 27 April sampai 10 Mei 2018 masuk pada tahapan faktualisasi, sedang pada 11 Mei 2018 selanjutnya KPU Sumut akan memberikan kembali berkas yang sudah diterima kepada balon untuk dilakukan perbaikan,”Kalau ada ditemukan ganda internal maka kita coret,” ucapnya sembari menegaskan kembali bahwa sekarang ini masih dilakukan berkas yang diterima dihitung sesuai syarat yakni berjumlah 4000 syarat dukungan dari balon.

Selanjutnya, ke-14 nama balon anggota DPD RI yang telah melakukan penyerahan syarat dukungan itu adalah Dedi Iskandar Batubara (7.814), Prof Yakub Matondang (4.320), Faisal Amri (4.424), Abdillah (8.177), Raidir Sigalingging (5.182), M Tolopan Silitonga (5.342), Abdul Hakim Siagian (6.330), Solahuddin Nasution (7.092), M Nursyam (4.935), Sultoni Tri Kusuma (6.190), Willem TP Simarmata (4.671), Prof Damayanti Lubis (7.034), Parlindungan Purba (4.359) dan Aidan Nazwir sebanyak 9.120 dukungan. (wol/data2)

Check Also

Bacaleg DPD Asal Papua Ini Punya Kekayaan Fantastis, Rp20 T

JAKARTA, Waspada.co.id – Bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah asal Papua, Wilhelmus Rollo, tercatat memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: