Home / Sumut / 13 Pekerja Rentan Dapat Bantuan PMT Dolok Ilir
foto: Istimewa

13 Pekerja Rentan Dapat Bantuan PMT Dolok Ilir

DOLOK ILIR, WOL – Sebanyak 13 pekerja rentan yang berasal dari lingkungan sekitar PMT Dolok Ilir dapat bantuan dari PTPN IV berupa jaminan kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian hasil kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK), di ruang rapat PMT Dolok Ilir Jumat (5/1).

“Pekerja yang menerima bantuan perlindungan dari dana bina lingkungan ini, merupakan para pekerja yang termasuk dalam kategori pekerja rentan, yaitu para pekerja yang bekerja sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup hari itu saja,” sebut Asisten Teknik PMT Dolok Ilir Aswandi Nasution mewakili Manajer PMT Dolok Ilir.

Acara penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan berlangsung sederhana, selain dihadiri Asisten Teknik PMT Dolok Ilir juga dihadiri Tofan Erlangga Sidabalok (Asisten Kepala Tata Usaha), Suhardiman (Asisten Teknik), Tengku Nurdiana (Asisten SDM, Umum dan Keamanan), Ketua dan Sekretaris SP-Bun, Karyawan Pelaksana dan masyarakat penerima bantuan.

Aswandi Nasution, mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari Program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) bagi para pekerja rentan dan sangat rawan terhadap kemunduran ekonomi jika mengalami risiko seperti kecelakaan saat bekerja ataupun meninggal dunia.

“PTPN IV dan BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di lingkungan perkebunan sekaligus menjadikan mereka para pekerja yang mandiri dan tangguh, dengan masa perlindungan selama 12 bulan kepesertaan, mulai Desember 2017 – November 2018,” ujar Aswandi.

Tujuan dari perlindungan ini bahwa pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup dan mencapai kesejahteraan. Ke depan para pekerja rentan dapat melanjutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri,” tambahnya.

Para pekerja bukan penerima upah (BPU) sebanyak 13 pekerja dari lingkungan sekitar PMT Dolok Ilir yaitu supir angkot (Agus Surianto, Mangasi Sinaga, Ade Irawansyah, Sudarto), pengemudi RBT/ ojek (Muliono, Kliwon, Jafar Purba, Tamijo, Marolop Simatupang, Sugeng, Saut Pandapotan Simangunsong), pedagang warung (Dharma Hariyandi, Murniati). Donasi kepesertaan yang diberikan meliputi dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

Salah seorang peserta mewakili penerima bantuan BPJS Ketenagakerjaan Mujito, mengatakan sangat berterimakasih dengan diberikannya bantuan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dan akan tetap bekerja dengan penuh kehati-hatian walaupun telah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan serta berharap ke depan agar PTPN IV dapat menjadi lebih baik lagi dan dapat memberi bantuan lagi kepada masyarakat sekitar. (wol)

Check Also

Pansus DPM PBI: Banyak Rumah Sakit di Medan Lakukan Kecurangan

MEDAN, WOL – DPRD Medan di bawah kepemimpinan Henry Jhon Hutagalung menunjukkan sikap serius upaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: