Home / Sports / PSMS / PSMS matangkan strategi bertahan & menyerang
WOL Photo/Ega Ibra

PSMS matangkan strategi bertahan & menyerang

WASPADA ONLINE

MEDAN – Pelatih PSMS Medan, Edi Syahputra, mengaku telah memberikan materi seputar strategi bertahan maupun menyerang, menjelang persiapan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim ini.

“Materi diberikan dengan permainan satu lawan satu hingga empat lawan empat. Inti sesi latihan agar pemain bawah tidak hanya bertahan, tapi juga membantu serangan dan mencetak gol. Begitu pula sebaliknya,” ujar Edi, Senin.

Dalam hal ini, kolektivitas tim dan komunikasi menjadi indikator terpenting agar strategi yang diterapkan berjalan dengan baik. Ketika strategi sudah berjalan, dipastikan tim lebih banyak menguasai permainan dan tidak mudah kehilangan bola.

Pemain bertahan, menurut Edi, harus cepat dalam menekan untuk memaksa lawan melakukan kesalahan. Jika sudah mampu merebut bola, segera arahkan pandangan ke area yang lain agar bisa mengirim umpan dengan tepat.

“Artinya, setelah bekerja keras merebut bola jangan sia-siakan energi yang sudah dikeluarkan karena salah mengumpan,” jelasnya.

“Sejauh ini, tim pelatih secara kontiniu melakukan evaluasi dan perkembangan para pemain. Peningkatan pemain sudah cukup lumayan, tapi tetap harus latihan keras untuk menguji mental para pemain secara bertahap,” tambah Edi.

Lebih lanjut, latihan mental yang diterapkan agar skuad Ayam Kinantan tidak cepat emosi saat bertanding dan mengakibatkan kerugian pada tim.

“Bila diukur dengan grafik,  performa pemain, kerja sama tim, semangat juang, dan mental juara telah tertanam dalam diri pemain dan telah menunjukkan perkembangan signifikan,” pungkasnya.

Editor: AUSTIN TUMENGKOL
(dat06/wol/waspada)

Check Also

DVI Polri Sudah Identifikasi 100 Korban Lion Air JT610

JAKARTA, Waspada.co.id – Dua jenazah penumpang pesawat Lion Air JT610 kembali berhasil diidentifikasi. Korban atas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: