Home / Sports / Nasional / Timnas Wanita Gagal Total
foto: Antara

Timnas Wanita Gagal Total

PALEMBANG,Waspada.co.id – Timnas sepakbola wanita Indonesia belum bisa menorehkan prestasi di Asian Games 2018. Langkah mereka terhenti di penyisihan grup dan tinggal menjadi penonton di sisa kejuaraan.

Melihat kondisi ini, PSSI berencana bikin kompetisi sepakbola wanita guna meningkatkan prestasi Garuda Pertiwi. Tim asuhan Satia Bagdja gagal melaju ke babak 8 Besar setelah dibantai Korea Selatan 0-12. Sebelumnya, mereka kalah 0-4 dari Taiwan dan hanya menang atas Maladewa 6-0.

Bicara dua kekalahan tersebut, Satia menilai timnas wanita Indonesia memang kalah kelas. Terlebih, Korsel dan Taiwan memiliki kompetisi untuk para pemainnya hingga bisa mencetak pemain berkelas.

Berbeda dengan para Srikandi Merah Putih yang hanya dipersiapkan selama lima bulan, dan ada beberapa pemainnya adalah pemain futsal. Walau begitu mereka sudah mengikuti turnamen besar seperti Piala AFF, sebelum Asian Games 2018 ini.

Satia dan para pemainnya kerap menyerukan permintaan yang sama untuk PSSI agar dibuatkan kompetisi layaknya Liga 1 untuk pria. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menyatakan memang sudah memiliki persiapan membuat kompetisi wanita.

“Kita punya set-up untuk sepakbola wanita untuk tahun 2019 mendatang. Jadi tahun depan bisa kita lihat dari set-up itu soal berapa tim yang bisa rancang untuk ikut kompetisi. Kami ingin ada Liga 1 Women,” kata Tisha di Palembang baru-baru ini.

“Jadi setiap klub diharapkan bisa berpartisipasi untuk tim wanita. Tidak harus 18 tim semuanya punya tim wanita. Siapa yang paling siap, nanti kita buatkan kejuaraan. Formatnya bisa turnamen atau liga, tergantung dari berapa tim yang siap,” lanjutnya. (wol/aa/vvn/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

KONI Sumut Bersyukur Atlet Sumut Beri Kontribusi

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua KONI Sumatera Utara, John Ismadi Lubis, mengaku bersyukur karena atlet Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: