_
Home / Sports / Nasional / Legenda Bulutangkis Angkat Bicara Soal Audisi PB Djarum
foto: antara

Legenda Bulutangkis Angkat Bicara Soal Audisi PB Djarum

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan tunggal putri dan legenda pebulutangkis Indonesia, Susy Susanti, ikut mengomentari kisruh yang terjadi antara PB Djarum dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Menurut KPAI, PB Djarum telah melakukan tindakan eksploitasi karena memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan Djarum yang identik dengan produk rokok. KPAI menyoroti penggunaan brand Djarum pada kaus yang digunakan anak-anak berlaga dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis.

Sebagai buntutnya, PB Djarum akhirnya resmi menghentkan kegiatan Audisi Umum PB Djarum pada tahun depan. Kepastian ini diperoleh dari rilis resmi Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, Sabtu (7/9) lalu.

“Pastinya bakat-bakat yang terjaring tidak akan sebanyak seperti sekarang dan tahun-tahun sebelumnya,” kata Susy menyayangkan keputusan yang dibuat oleh PB Djarum, Senin (9/9).

“Itu juga bisa menghambat pembinaan usia dini. Akibatnya bisa sampai putus satu generasi,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI itu lagi.

“Jika itu terjadi, kira-kira dalam kurun waktu 10 tahun kita masih kesulitan untuk mencapai level atas lagi,” imbuh peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 berikut.

Sementara itu, Tontowi Ahmad menegaskan PB Djarum adalah bulutangkis, bukan rokok. Meski nyata brand rokok, atlet yang ketahuan merokok bakal dikeluarkan. Tontowi menegaskan selama ini PB Djarum positif dalam pencarian dan pengembangan atlet.

“Dari zaman saya dulu nggak ada tuh masalah rokok-rokok begitu. Saya anggap Djarum ya itu bulutangkis. Lagipula di Djarum itu atlet-atlet dilarang merokok, karena bisa dikeluarkan,” kata Tontowi, perebut medali emas Olimpiade 2016.

Walaupun telah mengatakan stop program positif tersebut, PB Djarum masih akan menggelar rangkaian audisi tahun ini. Setelah Bandung, audisi berlanjut di Purwokerto, Surabaya, Solo hingga berakhir di Kudus. (wol/aa/bolasport/twt/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Duet Ayah Ganteng Juara Dunia

BASEL, Waspada.co.id – Tua-tua keladi! Kendati sudah tergolong veteran, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mampu menjuarai ganda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.