Home / Sports / Nasional / Kongres PSSI 2018 Hasilkan 5 Keputusan
foto: Antara

Kongres PSSI 2018 Hasilkan 5 Keputusan

JAKARTA, WOL – Kongres Tahunan PSSI digelar pada Sabtu (13/1) di ICE BSD Serpong. Acara diawali dengan Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung singkat, di mana Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum PSSI menyebutkan lima rancangan PSSI.

Voters yang hadir menyetujui rancangan tersebut dan ditutup dengan ketuk palu oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Dalam rancangan tersebut, ada 106 voters diundang. Namun, hanya 93 voters hadir dari ISL, Divisi Utama, Divisi 1, dan Liga Nusantara.

“Yang absen hanya sebagian, dari Indonesia Super League (ISL) lengkap. Lalu Asprov PSSI hanya 31 voters yang hadir dan tiga absen. Sementara itu, Divisi Utama hadir 15 voters dan satu tidak hadir. Lalu Divisi 1 dihadiri 11 wakil,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

“Terakhir, Liga Nusantara 18 hadir dan tidak hadir 4. Total 93 peserta, ditambah FFI (Federasi Futsal Indonesia). Jadi dinyatakan kuorum,” lanjut Ratu Tisha.

Lima Rancangan PSSI:

1. Hierarki organisasi

Dalam statuta PSSI ini ditambahkan klausul baru soal Askab dan Asprov. Itu tercermin di pasal 2 a.

2. Badan hukum klub

Klub harus connect dengan badan hukum yang teregistrasi di PSSI. Untuk menghindari dualisme klub-klub atau anggota PSSI.

3. Pengembangan sepakbola

Tidak boleh berhenti sampai di level Asprov dan klub. PSSI menambahkan 1 pasal melalui lembaga terafiliasi. Lembaga tersebut teregistrasi meski statusnya bukan anggota.

4. Voter

Struktur voter refleksi dengan jalannya kompetisi, 18 klub dari Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 8 liga 4, dan 34 Asprov, serta asosiasi futsal, women, pelatih, dan wasit.

Untuk pemain, tidak menjadi anggota PSSI. PSSI menginduk hubungan FIFA dengan pemain (FIFPro), karenanya asosiasi pemain berinteraksi PSSI dalam platform MoU.

5. Komite Tetap

Diubah dari 17 Komite Tetap menjadi 12.

(wol/aa/ini/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Timnas U-19 Dapat Pujian Dari Pelatih Yordania

CIKARANG,Waspada.co.id – Timnas U-19 mengalahkan Yordania 3-2 dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: