_
Home / Sports / Nasional / Indonesia Bayar Rp143 Miliar Untuk Gelar MotoGP
foto: motogp

Indonesia Bayar Rp143 Miliar Untuk Gelar MotoGP

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Utama ITDC (PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero), Abdulbar M Mansoer, mengatakan race fee menggelar MotoGP Indonesia di Mandalika, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebesar 9 juta euro atau Rp143 miliar per tahun.

Abdulbar mengatakan biaya itu sudah termasuk dengan hak cipta dan lisensi penyelenggaraan MotoGP. Biaya itu juga harus dibayarkan setiap tahunnya selama Mandalika masuk rangkaian seri balapan MotoGP.

“9 juta euro per tahun, itu biaya penyelenggaraan termasuk lisensi dan hak cipta. Kita tahunya sudah beres dan mereka (Dorna) datangkan tim sendiri,” ucap Abdulbar usai bertemu Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Senin (25/2).

Nilai 9 juta euro itu juga disebut Abdulbar merupakan kesepakatan antara ITDC dengan Dorna selaku pengelola MotoGP. Kesepakatan itu juga sudah tertuang dalam kontrak yang telah ditandatangani kedua belah pihak.

Saat ini, biaya penyelenggaraan itu belum dibayarkan dan baru akan dibayarkan sebelum seri MotoGP Indonesia di Mandalika digelar pada 2021. Sampai saat ini, ITDC masih mencari sumber dana tersebut.

“Kemenpora belum ada bantuan biaya, baru Kemenpar. Kami yang cari sumber dananya. Dari Kemenpar sudah 1 juta euro. Jadi kita tidak usah pikirkan kontainer atau hotelnya (Valentino) Rossi, karena itu sudah termasuk kerja sama dengan Dorna. Kita tahu beres,” ucap Abdulbar.

Rencananya, sirkuit jalanan di Mandalika baru mulai dibangun pada September mendatang. Kini ITDC masih menunggu pengesahan desain trek oleh Federasi Motorsport Internasional (FIM). Targetnya, September-Oktober mulai aspal jalan. (wol/aa/cnn/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Vinales Ambil Alih Hari Kedua Pramusim

SEPANG, Waspada.co.id – Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mengalahkan Alex Rins untuk menjadi peserta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: