Breaking News
Home / Sports / Nasional / Dana Bantuan Rio Terganjal Birokrasi
foto: Antara
foto: Antara

Dana Bantuan Rio Terganjal Birokrasi

JAKARTA, WOL – Keinginan Rio Haryanto tampil dalam ajang bergengsi balap roda empat dunia bertajuk Formula One (F1) 2016 belum mendapat kepastian. Hal tersebut karena sampai saat ini bantuan dana Rp100 miliar dari Kemenpora belum juga dibayarkan ke tim Manor Marussia.

Padahal tenggat yang diberikan tim asal Inggris tersebut sudah berakhir sejak pekan lalu. Sekretaris Kemenpora, Alfitra Salamm, mengaku pihaknya memang belum bisa mentransfer anggaran yang diminta Manor. Alasannya, proses pencairan masih terganjal birokrasi.

Apalagi, masalah ini sempat dipersoalkan Komisi X DPR RI karena bisa menimbulkan kecemburuan bagi atlet atau cabang olahraga lain.

“Kalau soal administrasi, semuanya sudah beres. Sekarang tinggal masalah birokrasi, kalau DPR setuju ya langsung karena proses ini panjang. Yang pasti, tekad Pemerintah ingin membantu Rio cukup besar,” kata Alfitra di Jakarta, Rabu (3/2) kemarin.

Pihaknya berharap Manor memahami kondisi yang terjadi saat ini. Kemenpora juga berharap tim Inggris itu tetap memberi peluang kepada Rio untuk bergabung dengan mereka.

“Kami mohon Manor bisa memahami semua ini. Kami akan berusaha untuk membayarnya,” terangnya.

Di sisi lain, pihaknya ingin perusahaan swasta ikut membantu Rio. Sebab meskipun Pemerintah telah memberikan bantuan Rp100 miliar, dana yang disetor ke Manor masih kurang. Manor meminta Rio membayar 15 juta euro atau setara Rp225 miliar.

Secara administrasi, anggaran yang sudah siap senilai Rp178 miliar, rinciannya Rp100 miliar dari Kemenpora dan Rp78 miliar dari Pertamina. Hanya saja, bantuan Pertamina tak akan dikucurkan jika Kemenpora tak membayar terlebih dulu. Karena itu, Alfitra berharap bantuan untuk pebalap asal Solo tersebut tak hanya diambilkan dari uang negara, tapi juga pihak swasta.

“Kami ingin pihak swasta ikut membantu. Minggu-minggu ini, kami akan bertemu pengusaha-pengusaha, nanti akan dibuatkan undangan yang ditandatangani Pak Menteri (Menpora Imam Nahrawi) langsung. Siapa tahu mereka ada yang tertarik,” ungkap Alfitra.

Sebenarnya, Manor tak meminta pihak Rio untuk melunasi 15 juta euro, tapi bisa dibayar secara bertahap. Untuk tahap pertama, uang muka yang harus ditransfer hanya 3 juta euro atau setara Rp45 miliar saja.

Jika tak segera dibayar, bisa jadi nama Rio dicoret dari kandidat pebalap Manor dan digantikan dengan pebalap lain mengingat waktu penyelenggaraan F1 tidak lama lagi.(wol/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

WOL Photo

Buruh Bangunan Bonyok Dihakimi Warga

MEDAN, WOL – Seorang buruh bangunan, Rismanto (38) warga Jalan Sampali Gang Tawon, Dusun  XVII, Kecamatan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.