_
Home / Sports / Nasional / Catat! Ini Syarat Bakal Calon Ketum, Wakil, dan Exco PSSI
foto: Antara

Catat! Ini Syarat Bakal Calon Ketum, Wakil, dan Exco PSSI

JAKARTA, Waspada.co.id – Sejak Kamis (12/9) kemarin, pendaftaran untuk calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023 telah dibuka.

Kongres pemilihan dijadwalkan pada 2 November mendatang berdasarkan hasil komunikasi dengan FIFA. Pendaftaran calon Ketum, wakil, dan anggota Exco PSSI dibuka hingga 3 Oktober 2019 dengan enam syarat. Pemberitahuan kekurangan dokumen akan dilakukan 30 September sampai 6 Oktober 2019.

Setelah itu, Komite Pemilihan akan menyampaikan kandidat sementara pada 9-13 Oktober. Waktu banding ditetapkan pada 10-16 Oktober sebelum hasil diumumkan pada 18 Oktober mendatang.

Ketua Komite Pemilihan (KP), Syarif Bastaman, menjelaskan pengumuman bakal calon yang lolos akan diumumkan pada 23 Oktober. Nantinya, PSSI memberikan kesempatan kepada calon berkampanye selama 24-31 Oktober 2019.

Adapun KP menetapkan enam syarat dasar bagi para bakal calon. Syarat-syarat dimaksud meliputi minimal berusia 30 tahun pada 2 November nanti, memiliki pengalaman lima tahun berturut-turut atau tidak dengan penegasan mengelola sepakbola di anggota PSSI, aktif di sepakbola Indonesia dengan bukti surat dukungan atau rekomendasi anggota PSSI yang ditandatangani pihak berwenang dan disepakati internal anggota PSSI.

Bakal calon juga harus memiliki pengetahuan akan tata kelola dan hukum sepakbola. Lalu, memiliki pengalaman dalam posisi strategis atau pengambil keputusan baik di pemerintahan atau swasta. Syarat terakhir adalah memahami, menyetujui, memiliki kemampuan/kecakapan menyukseskan dan mengembangkan program PSSI sejalan program FIFA dan AFC.

Saat pendaftaran, bakal calon harus menyertakan delapan poin lampiran meliputi pas foto, CV, surat ketertangan anggota PSSI soal pengalaman yang dicantumkan, fotokopi KTP atau identitas lain, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan Pengadilan Negeri, surat hasil integritas dari Komdis PSSI, dan formulir A-2. (wol/aa/pssi/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Garuda Nusantara Memang Layak Jadi Idola

JAKARTA, Waspada.co.id – Timnas U-19 kembali mengukir kemenangan pada lanjutan kualifikasi Piala Asia U-19 2020, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.