Home / Fokus Redaksi / Anak Pemanjat Tiang Bendera Dapat Hadiah Nonton Asian Games
foto: twitter

Anak Pemanjat Tiang Bendera Dapat Hadiah Nonton Asian Games

JAKARTA, Waspada.co.id – Setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI, ada saja moment yang menarik dan viral di Tanah Air. Pada HUT ke-73, Jumat (17/8), Indonesia dihebohkan dengan aksi siswa SMP yang viral di media sosial karena memanjat tiang bendera.

Hal itu dilakukan untuk melepaskan tali pengait yang tersangkut saat upacara kenaikan bendera. Siswa tersebut bernama Johannes Adekalla (Joni) dan merupakan siswa dari SMPN 1 Silawan Motoaain, Atambua, Kabupaten Belu, yang terletak di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Akibat aksi heroik yang dilakukannya, Joni mendapatkan banyak pujian dan apresiasi dari masyarakat umum karena keberaniannya memanjat tiang bendera. Tak terkecuali oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

“Kalau ada yang bertanya siapa pahlawan hari ini, saya mengatakan Joni Belu,” kata Menpora di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8).

Imam sendiri berencana memberikan apresiasi atas keberanian Joni. Dikatakan, dirinya akan mengundang dan mengajak sang anak untuk menyaksikan langsung salah satu pertandingan di Asian Games 2018.

“Ini tentu perjuangan menyelamatkan Bendera Merah Putih. Itulah sebuah tekad. Bagi Joni bukan bahaya tapi tantangan. Menurut saya, dia adalah pahlawan yang patut diberi penghargaan,” kata Imam.

“Salam hormat untuk adik dari Atambua ini. Dia memanjat tiang bendera karena tali pengikat bendera merah putih tersangkut pada saat upacara peringatan hari kemerdekaan. Berkat usahanya bendera Merah Putih bisa dikibarkan di upacara 17-an di Atambua,” tulis Imam.

Selain Nahrawi, Kementerian Luar Negeri RI, yang para diplomat mudanya tengah menjalani community service di Kabupaten Belu, juga tergugah dengan aksi heroik Joni dan turut memberi apresiasi melalui twitter.

Mereka jadi saksi keberanian adik Johannes Adekalla (Joni), siswa kelas VII SMPN 1 Silawan Atambua yang memanjat tiang bendera saat tali pengait bermasalah. Bagi adik Joni (dan kita semua), apapun yang terjadi bendera merah putih harus tetap berkibar!”, tulis akun MoFa Indonesia. (wol/aa/indo/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Jokowi Nonton Bareng Penutupan Asian Games di Tenda Pengungsi Gempa Lombok

LOMBOK, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo menyaksikan penutupan Asian Games 2018 bersama pengungsi gempa di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: