Home / Sports / Nasional / 9 Anak Jalanan Tampil di Piala Dunia
foto: liputan6

9 Anak Jalanan Tampil di Piala Dunia

JAKARTA, Waspada.co.id – Sembilan remaja akan mewakili Indonesia tampil di Piala Dunia Anak Jalanan 2018. Kesembilan anak Garuda Baru akan bertarung di Street Child World Cup (SCWC) di Moskow, 10-18 Mei nanti.

Tim Garuda Baru beranggotakan sembilan anak dengan talenta unggulan yang memiliki latar belakang pernah terkoneksi dengan kehidupan jalan, pernah bekerja atau rentan turun ke jalan. Garuda Baru merupakan sebuah inisiasi untuk membantu anak keluar dari kehidupan jalanan melalui media sepakbola.

Program ini digagas oleh tiga lembaga sosial, yakni Yayasan Transmuda Energi Nusantara (TEN), Kampus Diakoneia Modern (KDM) dan Yayasan Sahabat Anak (YSA). Bersama 24 tim dari 21 negara di seluruh dunia, Garuda Baru bakal berkompetisi sehat sekaligus menyuarakan pesan mengenai hak anak.

“Melalui SCWC, anak-anak jalanan mampu menyuarakan hak mereka pada proses konferensi anak. Mereka bisa berteman dengan anak-anak dari negara lain dan saling berbagi cerita dan pengalaman sebagai sumber inspirasi bagi anak-anak lain yang masih mengalami keterbatasan sosial ekonomi untuk berani mengejar cita-cita,” kata Ketua Yayasan TEN, Mahir Bayasut, Selasa (8/5).

Sebelum terbang ke Rusia, tim Garuda Baru dan pelatih Wahyu Kurniawan beraudiensi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Setelah itu, kesembilan anak disambut dan dilepas oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani.

“Kalian harus bermain dengan baik. Tunjukkan kepada dunia internasional bahwa anak jalanan itu bisa membawa nilai-nilai baik,” ujar Puan.

“Selama di sana kalian harus kuat mental, tidak cuma fisik. Kalian pun harus bisa menahan diri, jangan terpancing emosi karena tidak cuma mewakili diri kalian tapi kalian mewakili merah putih, Indonesia,” tambah Puan.

Tim Garuda Baru rencananya tiba di Rusia pada Kamis (10/5), sedangkan pengundian grup akan dilakukan pada Jumat (11/5). Selain Indonesia, negara yang ambil bagian dalam SCWC 2018 ini di antaranya ada Belarus, Brazil, Kanada, Mesir, Inggris, India, Mexico, Uzbekistan, Rusia, Filipina, dan Amerika Serikat (AS). (wol/aa/ini/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Beregu Putri Tambah Koleksi Emas Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Indonesia belum juga puas berjaya di arena pecak silat Asian Games 2018 yang digelar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: