Home / Sports / Nasional / 128 peserta Medan lolos

128 peserta Medan lolos

MEDAN, WOL – 128 peserta yang terdiri atas usia di bawah 13 dan 15 tahun lolos tahap screening (penjaringan) Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2015 di GOR Cemara Asri Medan, Rabu (8/4).

Tim Penjaring Bakat, Susi Susanti, mengapresiasi antusias para peserta yang datang untuk ikut audisi beasiswa Djarum tahun ini. Namun sebagai juri, tim penjaring bakat harus lebih selektif mencari peserta yang benar-benar siap untuk mengikuti turnamen ini.

“Dari 236 yang mendaftar, memang kami hanya menjaring 128 anak, terdiri atas U-13 putra (64 orang) dan putri (12 orang). Untuk U-15 terdiri atas putra (40 orang) dan putri (12 orang). Pada tahap ini, tim juri masih sebatas melihat teknik dasar peserta dalam bermain bulutangkis, seperti cara memegang raket dan memukul,” terangnya.

Dikatakan, teknik dasar memang menjadi penilaian penting yang harus dilakukan dalam audisi ini. Pasalnya, nanti di Kudus para peserta yang lolos dari daerah akan diadu dengan sejumlah peserta dari daerah lainnya, sehingga kesalahan-kesalahan dalam teknik dasar nantinya tidak terjadi lagi.

“Dari evaluasi hari ini bisa dikatakan cukup memuaskan. Ada beberapa anak yang usianya masih terlalu muda, sekira enam tahunan sehingga masih butuh waktu untuk mematangkan diri, walau memiliki bakat dan potensi. Namun ada juga yang usianya cukup, posturnya juga baik, tapi tidak memiliki skill bagus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Susi mengatakan peserta yang lolos dalam tahap ini memiliki beberapa kriteria yang ditetapkan oleh tim penjaring bakat, seperti usia yang cukup, berbakat serta memiliki power, dan taktik.

“Karena memang ada yang posturnya kurang, tapi usianya cukup serta memiliki power dan taktik yang baik, maka juri sepakat untuk memberikan kesempatan berlaga di kompetisi ini,” katanya.

Untuk super tiket, kata Susi, dipastikan akan diberikan untuk peserta di Kota Medan, dengan catatan sudah tersingkir di babak penyisihan. “Tadi saya bersama rekan-rekan melihat beberapa anak yang spesial, artinya memiliki beberapa kriteria yang sudah ditetapkan juri, seperti power pukulannya dan teknik yang cukup baik,” katanya.

Salah satu peserta yang lolos, Adikusuma, mengaku bahagia bisa lolos tahap screening dan melanjutkan perjuangan ke babak selanjutnya.

“Saya jauh-jauh datang bersama teman-teman dari Labuhan Batu Utara (Labura). Kami memiliki tekad untuk menunjukkan yang terbaik dan lolos ke Kudus. Makanya, saya akan kerja keras untuk besok,” kata atlet asal PB Sulhas ini.  (wol/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Keren! Pemain Piala Dunia Tampil di Asian Games

SEOUL, Waspada.co.id – Cabang sepakbola di Asian Games 2018 dipastikan bakal menarik, setelah salah satu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: