Newsticker
WOL / Sports / Lokal / Samosir Tuan Rumah Solu Bolon Sumut Paten
WOL Photo
WOL Photo

Samosir Tuan Rumah Solu Bolon Sumut Paten

MEDAN, WOL – Kabupaten Samosir dipercaya menjadi tuan rumah penyelengaraan Kejuaraan Solu Bolon (Dragon Boat) Sumut Paten memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara, tepatnya di Pantai Jalan Putri Pangururan pada 18-23 Juli mendatang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Samosir. Dan, mereka sudah siap untuk menyukseskan kejuaraan Solu Bolon,” kata Kadisporasu, H Baharuddin Siagian SH MSi, Kamis (13/7).

Dikatakan, kejuaraan ini akan diikuti 32 tim dari berbagai kabupaten/kota, propinsi luar Sumut, bahkan negara lain seperti Singapura, sehingga membuat event ini bernuansa internasional.

Ke-32 tim tersebut, yakni Sumbar dengan empat tim, lalu Kabupaten Agam (3), Riau, Simeulue, DKI Jakarta, Jawa Barat, Tanjungbalai, Humbahas, Simalungun, Tobasa, Tebingtinggi, Taput, Medan (2), dan tuan rumah Samosir (10 tim).

“Semua tim sudah mengirimkan nama-nama pedayungnya. Kita masih menunggu keikutsertaan kabupaten/kota yang ada di kawasan Danau Toba. Dengan begitu, event ini bisa semakin ramai,” tegasnya.

Solu Bolon ini, kata Baharuddin, menyediakan hadiah total Rp117 juta lebih dengan memperlombakan Solu Bolon dengan jarak tempuh 1 km, Solu Parsadaan serta Solu Parduaan dengan jarak tempuh 500 meter.

“Olahraga kini tak bisa lepas dari yang namanya pariwisata. Oleh karenanya, dua aspek itu diminta berjalan beriringan sekaligus berkembang bersama-sama,” ujarnya.

Apalagi, wisata olahraga di Samosir, jelas Bahar, berdampak positif terhadap pariwisata Sumut. Karena membuka peluang investasi melalui kerja sama antara pemerintah, perusahaan swasta serta masyarakat di daerah-daerah potensi wisata tersebut.

“Mengangkat nama Sumut juga merupakan salah satu dampak dari pengembangan wisata olahraga di Sumut dalam kancah nasional,” katanya.

Kepala Dinas Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadisbudpora) Kabupaten Samosir, Gom-Gom Naibaho, mengatakan masyarakat Samosir sangar antusias menyambut kejuaraan ini. Diakui, segala fasilitas pendukung event sudah disiapkan dan dipercaya event bakal sukses. (wol/aa)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga

WOL Photo

PFI Aceh, Medan, dan Makassar Bantu Pelajar Korban Bencana

PIDIE JAYA, WOL – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, Medan, dan Makassar menyalurkan bantuan paket ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.