Home / Sports / Lokal / Pendaftaran Seleksi PPLP Dibuka 1 April
WOL Photo

Pendaftaran Seleksi PPLP Dibuka 1 April

MEDAN, WOL – Pendaftaran seleksi masuk atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara tahun ajaran 2017/2018 akan dimulai pada 1 April hingga 18 Mei mendatang.

Pendaftaran peserta dilakukan di dua lokasi, yakni kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu) jalan Iskandar Muda No 272 Medan, atau di asrama PPLP jalan sekolah pembangunan No 7A, Medan Sunggal. Kabid Pembudayaan Olahraga Disporasu, Rudi Renaldi, menjelaskan seleksi dilakukan untuk mencari pengganti atlet pada Mei nanti.

“Disporasu juga telah menyurati seluruh dinas pemuda dan olahraga ke 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut. Seleksi tahun ini akan dilaksanakan pada 19 sampai 22 Mei,” ujarnya baru-baru ini.

Dikatakan, sesuai harapan Kadisporasu H Baharuddin Siagian agar atlet yang lolos masuk menjadi atlet binaan PPLP benar-benar layak, baik dalam hal kemampuan maupun karakter sikap pribadinya. Maka, untuk menghindari adanya nepotisme serta penilaian subjektif dari tim penilai, pihaknya sengaja bekerja sama dengan pihak independen dari kampus/praktisi.

“Tidak tertutup kemungkinan wartawan juga bisa menilai langsung kemampuan mereka, meskipun bukan sebagai tim penilai. Jadi, kita pastikan tidak akan ada KKN.” jelasnya.

Terkait atlet yang telah tamat dari PPLP tahun ini, pihaknya berharap agar mereka mendapat perhatian dari Pengprov cabang olahraga dan Koni Sumut untuk dibina selanjutnya.

Pada seleksi atlet PPLP tahun ini, hanya sembilan dari 11 cabang olahraga binaan PPLP yang membuka seleksi. Kesembilan cabang yakni, bola voli, atletik, judo, gulat, karate, bulutangkis, renang, angkat besi, dan sepakbola. Sementara itu, tinju dan pencak silat tidak membuka pendaftaran.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti warga Negara Indonesia, khusus pelajar dari Sumut, surat keterangan berbadan sehat dari dokter, kelahiran tahun 2002, nilai rata-rata rapor 6,0. Fotokopi nilai rapor terakhir yang dilegalisir sekolah bersangkutan, fotokopi STTB dan Nilai Ujian Akhir Nasional yang dilegalisir.

Lalu, tinggi badan peserta disesuaikan dengan standar cabang olahraga. Namun, khusus sepakbola tinggi pemain minimal 170 cm dan 172 cm bagi kiper. Sedangkan untuk bola voli, atlet putra tinggi minimal 170 cm, dan putri 165 cm serta bersedia tinggal di asrama PPLP jika lolos menjadi atlet binaan.

Tahap seleksi terdiri atas tes keterampilan cabang olahraga, tes kemampuan fisik, tes psikologi, dan kesehatan. (wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kekalahan City Warnai Debut Mahrez

CHICAGO, Waspada.co.id -Laga International Champions Cup (ICC) 2018 mempertemukan Manchester City melawan Borussia Dortmund di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: