Home / Sports / Lokal / MILO Football Championship Wadah Kembangkan Talenta Usia Dini
WOL Photo/Ega Ibra

MILO Football Championship Wadah Kembangkan Talenta Usia Dini

MEDAN, WOL – MILO Football Championship 2018 Regional Sumut baru saja selesai digelar. Sebanyak 16 SD dari Kota Medan, Binjai, Deliserdang, dan sekitarnya bertarung di Stadion Mini Pancing, Jalan William Iskandar, Minggu (1/4).

Mewakili tim talent scouting, Kurniawan Dwi Yulianto mengungkapkan bahwa perkembangan sepakbola di Medan berkembang pesat. Hal itu dilihat dari tim yang mengikuti tahun ini dengan kekuatan yang lebih merata ketimbang sebelumnya.

“Medan makin lama kualitasnya makin meningkat, kalau tahun-tahun sebelumnya ada beberapa sekolah yang kelihatan menonjol. Tahun ini lebih merata karena masih di hari pertama sudah kelihatan tim yang lolos. Artinya ke-16 peserta ini punya peluang merata dan ini menunjukkan sepakbola di Medan berkembang baik,” ungkapnya kepada Waspada Online.

Lebih jauh, Si Kurus mengatakan adanya program MILO Football Championship ini akan mampu mengembangkan bakat pesepakbola usia dini sekaligus memudahkan bagi pemerintah maupun klub menemukan pemain bertalenta.

“Tiap tahun event yang diadakan MILO ini antusiasnya luar biasa karena memang mereka melibatkan Sekolah Dasar (SD). Mungkin ini satu-satunya kejuaraan usia dini di Indonesia yang diadakan oleh swasta,” ujar mantan penyerang Timnas Indonesia ini.

“Menurut saya ini tepat sekali karena nggak semua pemain yang berbakat mampu belajar di Sekolah Sepakbola (SSB). Begitu sebaliknya yang akhirnya ikut walaupun sebenarnya memang banyak talenta, ini sayang kalau tidak dikembangkan,” kata Kurniawan lagi.

Seperti diketahui, Kurniawan bersama Ponaryo Astaman dan Zainal Abidin akan memilih 18 pemain terbaik dari empat kota penyelenggara, yakni Jakarta, Medan, Bandung, dan Makassar. Setelah mengikuti MILO Football Camp di Jakarta, pelatih akan menyeleksi sembilan pemain terbaik untuk ikut latihan di Barcelona.

“Semua kota peluangnya sama, jadi kita nanti akan mencari 18 pemain dari empat kota dan menyeleksi sembilan terbaik. Di Medan sendiri sudah ada beberapa calon, tapi kita masih rahasiakan,” sebut Kurniawan yang juga mantan pemain PSMS Medan ini.

MILO Football Championship Regional Sumut dijuarai oleh SD Negeri 064011 Mabar yang mengalahkan SD Negeri 025281 Binjai 1-0. (wol/ham/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ayam Kinantan Pantang Besar Kepala

MEDAN, Waspada.co.id – Pelatih PSMS Medan, Peter Butler, mengingatkan anak asuhnya agar tidak besar kepala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: