_
Home / Sports / Lokal / Galan Kretek Gelar Gala Catur Emas 2019 ‎Berhadiah Rp65 Juta
WOL Photo

Galan Kretek Gelar Gala Catur Emas 2019 ‎Berhadiah Rp65 Juta

MEDAN, Waspada.co.id -‎ Galan Kretek kembali berkontribusi mendukung dan komitmen untuk terus menumbuhkan prestasi bidang olahraga catur melalui event Gala Catur Emas (GCE) 2019 dengan total hadiah mencapai Rp65 juta berlangsung di 5 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara.

Lima kabupaten/kota itu meliputi yakni, ‎ Lubukpakam Kabupaten Deliserdang (8 -10 Agustus), Kota Pematangsiantar (23 -25 Agustus), Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu (6- 8 September). Kemudian, Kota Sibolga (20-22 September), dan Kabanjahe Kabupaten Karo (27-29 September)‎.

Rangkaian Gala Catur Emas 2019 akan dimulai pada tanggal 25 Juli 2019 dan Grand Final‎ GCE 9-13 Oktober 2019 di Garuda Plaza Hotel Medan. Di mana Event GCE 2019 Road to Master bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Sumut.

Regional Manager Sumatera Utara, Joko Sugiyanto, menjelaskan GCE 2019 ini bertujuan untuk melahirkan kembali atlet catur berprestasi. Terbukti pada Grand Final Gala Catur Emas 2018 yang melahirkan nama-nama pecatur baru meraih gelar master, salah satunya yakni Pasti Tarigan, pecatur non-master asal kota Binjai yang meraih gelar norma master pada Gala Catur Emas 2018.

“Masuk warung kopi dan masuk komunitas ‎untuk membudayakan catur. Komplit kita di event GCE ini, tidak sekedar main catur. Tapi, konsep intermaint. Yang suka kopi, silakan ngopi. Yang suka, main game sembari kawannya main boleh main foot ball player kita sediakan semuanya,” ucap Joko kepada awak media di Garuda Plaza Hotel Medan, Kamis (25/7).

Joko mengungkapkan melalui GCE ini, ada bibit pemain catur handal ‎tercipta untuk dapat berlaga ke depannya di tingkat nasional maupun internasional dari Sumut. Dengan itu, ia meminta dukungan dari media untuk memberitakan dan menyampaikan GCE kepada masyarakat luas.

“Termasuk event GCE ‎menjadi icon Sumatera Utara untuk perkembangan dan majunya terus catur di Sumut,” tutur Joko.

Edric Chandra selaku perwakilan PT Wisilak Inti Makmur, TBK Nasional yang juga menjabat sebagai Community and Event Manager GCE 2019, mengatakan spesial tahun ini, GCE 2019 ini total hadiah bertambah dari Rp35 juta GCE 2018 menjadi Rp65 juta.

“Dengan kompetisi terus banyak, semakin banyak pecatur baru yang handal dari Sumut ini akan tumbuh. Kami niat baik dulu‎, kalau tidak ada panggung bagaimana berkompetisi, kata kunci di situ,” jelas Edric.

GCE 2019 ini, Edric menjelaskan diawali dengan catur gembira. Awal main catur di warung kopi dikumpuli di hari pertama. “Hari kedua, baru fokus kita berbicara dengan turnamen,” tandas Edric.

Ketua Harian Percasi Umut, Ferry, mengatakan Gala Catur Emas hadir dan diadakan oleh Galan Kretek sejak tahun 2016. Di mana, GCE merupakan upaya untuk mengembalikan nama Sumatera Utara sebagai gudang atlet catur dan diharapkan mampu melahirkan kembali atlet-atlet catur berbakat.

“Nanti hasil turnamen, keluar bibit baru pecatur untuk memperkuat Sumut di PON 2024 mendatang. Kita sangat mendukung, karena ini sudah ditunggu-tunggu catur di Sumut ini,” jelas Ferry.

Untuk diketahui, GCE 2019 juga mendatangkan pecatur tangguh seperti Pitra Andika, Sean Whinshand dan Dede Liu yang sudah punya nama di Indonesia. Pertandingan ini juga memberi pengalaman bertanding melawan para master catur top di Indonesia, selain untuk menggali bibit-bibit unggul pecatur terutama dari Sumatera Utara.

Informasi dan pendaftaran mengenai Gala Catur Emas 2019 dapat melalui hotline di nomor 082161505400 atau akun Instagram @gaiacaturemas.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

224 Atlet Ikuti SOTC 2016

MEDAN, WOL -244 atlet dari 10 Pengurus Cabang Taekwondo se Sumut mengikuti Sumut Open Taekwondo ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.