Home / Sports / Lokal / Catur Piala Gubsu Mulai 24 Maret
foto: istimewa

Catur Piala Gubsu Mulai 24 Maret

MEDAN, WOL – Cabang catur menjadi laga pembuka turnamen olahraga pelajar yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut 2017 dan akan digelar di Hotel Sinabung Hills Brastagi, Kabupaten Karo, mulai 24-26 Maret.

Panitia yang juga Pelatih Percasi Sumut, Erham Tarmizi, mengatakan turnamen yang telah memasuki edisi kedua ini sebagai penguatan catur bukan sekadar olahraga di warung, melainkan olahraga prestasi yang telah mendunia.

“Sebagian masyarakat berpandangan catur ini sebagai olahraga warung. Karena itu akan kita kembangkan ke sekolah-sekolah maupun kampus. Agar tujuannya prestasi serta tolok ukurnya jelas dengan adanya turnamen,” ujarnya, Kamis (23/3).

Terkait persiapan kepanitiaan, pihaknya telah mengabarkan kepastian turnamen dilaksanakan ke 31 pengcab Percasi kabupaten/kota. Disebutkan, turnamen ini bertujuan untuk menjaring atlet muda berbakat di seluruh daerah, sehingga panitia tidak membatasi jumlah peserta baik putra maupun putri.

Dikatakan, dengan banyaknya peserta yang ikut serta justru semakin mempermudah Pengprov Percasi Sumut untuk memantau atlet berkualitas yang ke depan bisa menjadi andalan Sumut, baik di kejuaraan nasional seperti PON 2020 di Papua.

“Peserta ini adalah cikal bakal regenerasi atlet catur Sumut. Tentunya turnamen ini juga sangat positif untuk memperbanyak pengalaman bertanding mereka sebelum turun di event nasional,” tambahnya.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut, Rudi Renaldi, menjelaskan alasan dipercayainya Kabupaten Karo sebagai tuan rumah karena melihat potensi lokal daerah tersebut sangat besar untuk atlet catur.

“Catur dilaksanakan di Karo juga untuk pemerataan daerah, agar tidak terpusat di Medan saja karena selama ini Medan memang selalu menjadi pusat pelaksanaan tuan rumah event olahraga,” katanya. (wol/aa/wsp/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Butler Ingin Rekor Buruk PSMS Berakhir

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan terus mematangkan persiapan jelang laga kontra PSM Makassar dalam lanjutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: