Newsticker
WOL / Sports / Lokal / Catur Piala Gubsu Digelar 24 Februari
Istimewa
Istimewa

Catur Piala Gubsu Digelar 24 Februari

MEDAN, WOL – Cabang catur akan menjadi laga pembuka sejumlah turnamen olahraga pelajar yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut (Gubsu) Paten Jilid II/2017. Rencananya, turnamen digelar 24-26 Februari 2017 di Hotel Sinabung Hills Brastagi.

Mewakili Panitia, Erham Tarmizi mengapresiasi Dispora Sumut dalam hal ini Bapopsi yang telah mengagendakan cabor catur, menjadi salah satu dari 19 cabang yang akan dilaksanakan selama 2017.

“Selama ini ada sebagian masyarakat yang memandang image catur ini sebagai olahraga warung. Sebenarnya dipertandingkan di warung juga positif, tapi kita ingin olahraga ini terus berkembang ke sekolah-sekolah dan kampus. Agar tujuannya lebih jelas untuk prestasi, serta tolok ukurnya jelas, latihan dan kompetisi,” ujarnya baru-baru ini.

“Kami sudah kirimkan undangan kepada 31 dari 33 Pengcab yang ada di Sumut. Sedangkan Pengcab Tapanuli Tengah dan Nias kepengurusannya masih vakum. Semoga semua Pengcab bisa mengirimkan pesertanya tahun ini agar pelaksanaannya lebih meriah,” pintanya.

Dikatakan, turnamen ini tidak membatasi jumlah peserta baik putra maupun putri. Bahkan, dengan banyaknya peserta yang ikut serta justru semakin mempermudah Percasi Sumut untuk memantau atlet berkualitas yang ke depan bisa menjadi andalan Sumut di kejuaraan Nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua.

“Pada PON 2016 di Jawa Barat, skuad Sumut rata-rata masih diperkuat mahasiswa S1 maupun S2. Maka, mereka ini adalah cikal bakal regenerasi atlet catur Sumut. Tentunya turnamen ini juga sangat positif untuk memperbanyak pengalaman bertanding mereka, karena jika ingin menjadi atlet yang hebat, harus totalitas dan jangan setengah-setengah,” tambahnya.

Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut, Rudi Renaldi, menjelaskan alasan dipercayainya Kabupaten Karo sebagai tuan rumah karena melihat potensi lokal daerah tersebut sangat besar.

“Catur dilaksanakan di Karo juga untuk pemerataan daerah, agar tidak terpusat di Medan saja.” katanya.(wol/aa/wsp/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga

foto: zimbio

Portugal Kian Favorit Juara Piala Konfederasi

ST PETERSBURG, WOL – Sempat diisukan bakal jadi cadangan, Cristiano Ronaldo ternyata menjadi pemain inti ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.