Newsticker
WOL / Sports / Lokal / 12 Petinju Lolos Seleksi Awal Popnas Sumut
foto: istimewa
foto: istimewa

12 Petinju Lolos Seleksi Awal Popnas Sumut

MEDAN, WOL – Pelatih tinju Sumut, Binsar Simamora, mengatakan 12 petinju dinyatakan lolos seleksi tahap awal cabang olahraga tinju untuk memperkuat Sumatera Utara pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Jawa Tengah, 11-22 September mendatang.

“Sekitar Juli atau satu bulan sebelum Popnas nanti, kami baru akan menentukan atlet 100 persen. Makanya, nanti dari dua belas ini, akan diambil hanya enam orang saja. Karena kuota kita di Popnas nanti hanya enam kelas saja,” kata Binsar, Sabtu (13/5).

Dikatakan, dalam proses seleksi yang akan dimulai Juli nanti, sejumlah kriteria penilaian lolos tidaknya atlet yakni melalui sparing, yang akan dilaksankan minimal 11 kali. Karena, menurut Binsar, untuk mengetahui kekuatan dan keunggulan petinju dari segi teknik maupun fisik adalah melalui sparing.

“Saat ini sebagian dari mereka kembali ke Pengcabnya masing-masing untuk berlatih di daerah. Sedangkan sejumlah atlet lainnya yang merupakan atlet PPLP juga terus latihan rutin. Nanti waktu sparing, saya akan melihat ada atau tidak perkembangan baik teknik maupun strategi yang ia terapkan saat bertarung nanti,” jelasnya.

Lanjut Binsar, dari kedua belas kelas, persaingan yang dinilai ketat yakni kelas 46 kg dan 52 kg putra. Apalagi, kedua kelas memang paling banyak diikuti oleh setiap komtingen provinsi..

“Kans besar juga ada di kelas 54 dan 57 kg putri, serta 64 kg putra. Namun tidak tertutup kemungkinan di kelas lain, makanya minimal satu emas bisa diraih,” yakinnya.

Adapun 12 atlet yang lolos seleksi tahap awal yakni, Tegar Sihite (Medan)/Nurdin Soleh (Tapsel) di kelas 46 kg, Gunawan (Tapsel)/Dipo Alhubby (Asahan) kelas 49 kg. Khairul Amri (Tapsel)/Paris Fernandes (Binjai) di kelas 52 kg. Kemudian, M Nisam (Medan)/Adrian Katarino (Sergai) kelas 60 kg. JJ Vargas (Tebingtinggi)/Johannes Jo (Binjai) kelas 64 kg.

Di  putri, ada Elda Dara Sirait (Langkat) kelas 54 kg, dan Novida (Medan) kelas 57 kg. (wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga

WOL Photo/Eko kurniawan

Konsumsi Buah Rutin Cegah Penyakit

MEDAN, WOL – Kebutuhan masyarakat terhadap buah dan sayur masih terbilang minim. Berdasarkan penelitian masyarakat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.