Home / Fokus Redaksi / Weekend Spesial Hamilton di Shanghai
AP

Weekend Spesial Hamilton di Shanghai

SHANGHAI, WOL – Untuk kedua kalinya musim ini, Lewis Hamilton meraih kemenangan dengan menjuarai GP Tiongkok di Sirkuit Shanghai, Minggu (12/4). Rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg, finish kedua di depan Sebastian Vettel.

Hamilton melakukan start bagus dari pole position. Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, juga mengawali balapan dengan gemilang. Start dari posisi keenam, The Ice Man melewati Felipe Massa dan Valtteri Bottas dari Williams untuk mendapatkan posisi empat.

Lap pertama berakhir dengan Hamilton memimpin diikuti Rosberg, Vettel, dan Kimi. Massa dan Bottas menyusul dengan kondisi Hamilton unggul hampir satu detik dari Rosberg. Posisi enam besar tersebut tak berubah pada akhir lap ke-16, bahkan setelah para pebalap memasuki pit stop pertama.

Daniil Kvyat (Red Bull) mengalami insiden saat mobilnya terkurung asap. Para petugas pun segara menyemprot mobil pebalap Rusia tersebut untuk mematikan api. Di depan, persaingan enam pebalap masih berlanjut dengan Hamilton terus memperlebar jarak. Pada 10 lap terakhir dari total 56 putaran, Hamilton sudah unggul 4,5 detik dari Rosberg.

Dengan Vettel dan Kimi di tempat ketiga dan empat, Mercedes berhasil membalas dendam mereka kepada tim Kuda Jingkrak pada hasil GP Malaysia beberapa waktu lalu. Sementara itu, hasil buruk dialami Fernando Alonso. Setelah memutuskan bergabung bersama McLaren musim ini, pebalap asal Spanyol itu tak kunjung mampu menunjukkan taringnya.

Dua kali juara dunia Formula 1 (F1) itu hanya mampu finish ke-12 dengan selisih mencapai satu lap dari Hamilton. Pebalap McLaren lainnya, Jenson Button, berada satu tangga di belakang Alonso. Empat pebalap yang gagal finish adalah Max Verstappen (Toro Rosso), Pastor Maldonado (Lotus), Daniil Kvyat (Red Bull), dan Nico Hulkenberg (Force India).

Untuk Hamilton, ini merupakan kemenangan keduanya setelah seri pembuka musim di Australia lalu. Kemenangan di Shanghai tersebut juga menjadi yang keempat buat juara dunia 2008 dan 2014 itu, setelah sebelumnya juga berjaya pada 2008, 2011, dan 2014.

Hamilton merupakan driver dengan kemenangan terbanyak di Sirkuit Shanghai, di mana Alonso menjadi pesaing terdekatnya dengan dua kemenangan. Bagi Hamilton, sukses kedua kalinya musim ini tak terlepas dari pembenahan tim pasca-kegagalan di GP Malaysia lalu.

“Tim melakukan kerja hebat dalam usaha meningkatkan performa mobil. Ini benar-benar akhir pekan spesial bagi Mercedes, Nico, dan terutama saya. Saya bangga dan bahagia atas kemenangan ini,” tutur Hamilton.

10 Besar GP Tiongkok

Lewis Hamilton          Inggris/Mercedes        1:39.42.008

Nico Rosberg              Jerman/Mercedes        +0.7s

Sebastian Vettel          Jerman/Ferrari             +2.9s

Kimi Raikkonen          Finlandia/Ferrari          +3.8s

Felipe Massa               Brazil/Williams            +8.5s

Valtteri Bottas            Finlandia/Williams      +9.8s

Romain Grosjean        Prancis/Lotus              +19.0s

Felipe Nasr                  Brazil/Sauber               +22.6s

Daniel Ricciardo         Australia/Red Bull      +32.1s

Marcus Ericsson          Swedia/Sauber                        +1 lap  (wol/autosport/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Beregu Putri Tambah Koleksi Emas Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Indonesia belum juga puas berjaya di arena pecak silat Asian Games 2018 yang digelar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: