_
Home / Sports / Internasional / Wanita Masuk Stadion Lagi, Iran Langsung Pesta Gol
foto: twitter

Wanita Masuk Stadion Lagi, Iran Langsung Pesta Gol

TEHERAN,Waspada.co.id – Sepakbola Iran mencatat sejarah baru ketika memperbolehkan wanita kembali menonton langsung di stadion, Kamis (10/10) kemarin. Menjamu Kamboja pada kualifikasi Grup C Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Azadi, Iran pesta gol 14-0!Empat dari ke-14 gol tim asuhan Marc Wilmots itu dilesakkan oleh Karim Ansarifard. Lalu, Sardar Azmoun mencetak hattrick ditambah dua gol masing-masing dari Mehdi Taremi dan Mohammad Mohebi. Sisanya dihasilkan oleh Ahmed Nourollahi, Hossein Kanaan, dan Mehrdad Mohammadi.

Hanya saja, bukan kemenangan besar yang menjadi poinnya. Pertandingan kontra Kamboja itu menjadi saksi sejarah kesetaraan gender di Iran. Untuk pertama kali sejak Revolusi Iran pada 1979, wanita Iran diperbolehkan langsung menonton pertandingan di stadion.

Adapun keputusan ini merupakan buntut dari meninggalnya suporter perempuan, Sahar Khodayari, yang membakar diri setelah tertangkap menonton sepakbola pada 9 September lalu. Sahar bahkan sempat menyamar sebagai seorang pria kala itu. Alhasil, FIFA meminta Pemerintah Iran mengizinkan wanita boleh masuk stadion lagi.

Tiket laga antara Iran melawan Kamboja pun habis terjual. Dikutip dari AFP, sebanyak 3500 wanita hadir dan tiket habis terjual. Sejak tiket dijual pada 3 Oktober lalu, dalam hitungan menit, sebanyak 3.500 lembar tiket itu ludes.

Atas kemenangan ini, Iran berada di posisi runner-up grup dengan tiga poin setelah sebelumnya juga menang atas Hong Kong 2-0 bulan lalu. Posisi puncak ditempati oleh Bahrain yang mengoleksi empat angka dari dua pertandingan. (wol/aa/afp/twt/data1)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Jokowi Jumpa Presiden FIFA, Ini Hasil Pertemuannya

BANGKOK, Waspada.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Bangkok ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.