Home / Sports / Internasional / Sejarah Baru! Jepang Lolos Karena Fair Play
foto: zimbio

Sejarah Baru! Jepang Lolos Karena Fair Play

SAMARA,Waspada.co.id – Sejarah baru tercipta dalam gelaran Piala Dunia ketika Jepang lolos ke babak 16 Besar melalui catatan fair play. Sebaliknya pil pahit diderita Senegal karena tersingkir dengan cara yang sama.

Meski kalah dari Polandia 0-1 di laga terakhir Grup H di Volgograd Arena, Kamis (28/6) malam, Samurai Biru tetap melaju ke fase knockout. Shinji Kagawa cs menjadi runner-up grup dengan empat poin di bawah Kolombia yang mengemas enam poin.

Sebenarnya, Jepang dan Senegal memiliki nilai sama. Kalah dari Kolombia 0-1, Senegal dan Jepang pun memiliki selisih gol yang sama (4-4), produktivitas maupun menang kalahnya. Alhasil, FIFA terpaksa menggunakan catatan Fair Play.

Aspek yang jadi pertimbangan pertama adalah jumlah kartu kuning yang diterima kedua tim. Jepang punya catatan kartu kuning lebih sedikit (4) dibanding Senegal (6). Ini menjadi pertama kali dalam sejarah Piala Dunia, bahwa sebuah negara dinyatakan lolos berdasarkan catatan fair play.

Jepang yang menjadi satu-satunya wakil Asia di babak 16 Besar akan menghadapi juara Grup G yang disandang oleh Belgia. Sebaliknya, kekalahan Senegal memastikan tidak ada wakil Afrika di fase gugur. Sementara itu, Kolombia akan bertemu dengan Inggris. (wol/aa/dm/data1)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Gelar Kiper Terbaik Bikin Courtois Kian Termotivasi

LONDON, Waspada.co.id – Sebuah asa diungkapkan oleh Thibaut Courtois. Kiper Real Madrid itu berambisi membawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: