Breaking News
Home / Sports / Internasional / Renault Beli Lotus Seharga Rp20 Ribu
foto: f1live
foto: f1live

Renault Beli Lotus Seharga Rp20 Ribu

ENSTONE, WOL – Renault akhirnya kembali ke ajang Formula One (F1) 2016, usai mengakuisisi tim Lotus. Pabrikan asal Prancis itu resmi mengambil alih tim Lotus dengan hanya mengeluarkan dana sebesar Rp20 ribu.

Dilansir dari Motorsport, Senin (28/12), harga yang dibayarkan Renault memperlihatkan antusiasnya pemilik tim Lotus untuk memperoleh dana segar. Terlebih, tim Lotus memang memiliki utang yang cukup besar sejak tampil di F1.

Pembayaran yang dilakukan itu hanya simbolis, sebab Tim Lotus membebankan utang kepada investor. Adapun transaksi yang terjadi sangat rumit dengan melibatkan dana lebih dari 6,74 juta lembar saham oleh Genii dari Whiterock Alliance Ltd kemudian dijual pada Grigny Ltd sebanyak 90 persen.

Nama Grigny Ltd bukanlah nama asing saat Renault mengakuisisi tim F1 Benetton. Pasalnya, Renault kala itu menggunakan mesin V8 dan meminjam sistem KERS melalui Grigny. Pada 2013, mereka memperoleh keuntungan sebesar Rp142 miliar.

Namun, situasi berubah pada 2014 Grigny hanya memperoleh 432 ribu pounds atau Rp8 miliar untuk pasokan teknisi ke tim F1 Renault. Dengan ini, Renault dipastikan comeback di F1 2016.

Juara konstruktor F1 2005 dan 2006 itu, terakhir kali mentas di ajang balap jet darat di musim 2011 sebelum berganti nama jadi tim Lotus. (wol/motorsport/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

foto: goal

Egy Fokus Juara Ketiga, Bukan Top Skor

YANGON, WOL – Setelah dipastikan gagal melaju ke final, Timnas U-19 dijadwalkan berhadapan kembali dengan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.