Home / Sports / Internasional / Preview: Generasi Emas Belgia Percaya Diri
foto: zimbio

Preview: Generasi Emas Belgia Percaya Diri

KAZAN, Waspada.co.id – Brazil dan Belgia akan bertarung di Kazan Arena untuk memperebutkan tiket semifinal Piala Dunia 2018, Sabtu (7/7) dini hari nanti. Laga ini juga menjadi duel yang paling ditunggu-tunggu di fase 8 Besar.

Belgia lolos ke perempatfinal dengan mengalahkan Jepang 3-2. Setan Merah sempat ketinggalan dua gol sebelumnya bangkit dan mencetak tiga gol balasan. Kemenangan dramatis ini meningkatkan rasa percaya diri generasi emas Belgia asuhan Roberto Martinez.

Total sudah 12 gol dicetak ke empat tim berbeda. Top skor Belgia sementara adalah Romelu Lukaku yang mampu mengemas empat gol. Ketajaman striker Manchester United tersebut diikuti oleh Eden Hazard dengan dua gol. Sisanya ada Dries Mertens, Marouane Fellaini, Nacer Chadli, Jan Vertonghen, Michy Batshuayi, dan Adnan Januzaj.

Sementara itu, Brazil yang datang ke Rusia sebagai salah satu favorit juara mengawali kompetisi kurang sempurna. Di fase grup, tim Samba harus bersusah payah lolos dengan hasil imbang 1-1 dengan Swiss, menang 2-0 atas Kosta Rika dan Serbia.

Permainan tim asuhan Tite mulai membaik saat ditantang Mexico di babak 16 Besar. Di sini, Neymar menyumbang satu gol bersama Roberto Firmino. Neymar sendiri kerap dikritik karena tidak tampil dalam performa terbaiknya, apalagi pemain termahal di dunia ini baru mencetak dua gol sama dengan Philippe Coutinho.

Neymar bahkan kalah bersinar dengan Coutinho yang lebih konsisten dalam empat laga. Pun demikian, Neymar dipercaya bakal tampil lebih baik saat mereka bersua Belgia dan terlibat duel dengan Lukaku maupun Hazard dalam rangka membuktikan siapa lebih tajam.

Hanya saja, Brazil terlihat belum sepenuhnya terlepas dari aib mereka di Piala Dunia 2014. Di semifinal melawan Jerman, gawang Julio Cesar dibobol tujuh kali. Belgia juga serupa karena selalu kandas di perempatfinal. Di Piala Dunia 2014, Belgia kalah dari Argentina 0-1 dan Wales 1-3 di Euro 2016.

Bedanya, Belgia lebih termotivasi. Pertama, mereka ingin membalas kekalahan 0-2 di Piala Dunia 2002. Lalu, The Red Devils ingin membuktikan generasi emas mereka bisa berbicara lebih banyak di Rusia. (wol/aa/fifa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Jabatan Kapten Jadi Kunci Sarri Rayu Hazard

LONDON, Waspada.co.id – Chelsea sedang berusaha keras mempertahankan gelandang terbaiknya, Eden Hazard. Hal ini mengingat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: