_
Home / Sports / Internasional / Perangi Rasisme, Pesepakbola Dapat Imbauan Boikot Medsos
foto: twitter

Perangi Rasisme, Pesepakbola Dapat Imbauan Boikot Medsos

MANCHESTER, Waspada.co.id – Phil Neville mengimbau para pemain sepakbola untuk memboikot media sosial guna melawan praktik penghinaan, khususnya yang berkaitan dengan rasialisme.

Neville, mantan bek Manchester United yang kini melatih Timnas Wanita Inggris mengeluarkan seruan itu setelah kasus penghinaan rasial terhadap Paul Pogba. Akibat gagal penalti melawan Wolverhampton Wanderers, Selasa (20/8), Pogba menerima penghinaan rasialisme di media sosial.

Menurut Neville, selama ini sudah banyak yang melaporkan tentang adanya pelecehan dan penghinaan kepada pihak media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Namun, kata Neville, pihak Instagram dan Twitter tidak pernah melakukan langkah signifikan untuk memerangi praktik penghinaan di media sosial tersebut.

“Mereka (pihak media sosial) memang telah mengirimkan email balasan yang menyatakan bakal melakukan penyelidikan, tetapi kemudian tidak terjadi apa-apa,” ujar Neville, Rabu (21/8).

“Saya kehilangan kepercayaan kepada siapapun yang bekerja di departemen media sosial. Jadi, mari kita kirim pesan yang kuat: keluar dari media sosial selama enam bulan. Mari kita lihat efeknya pada perusahaan media sosial,” serunya.

Sebelumnya, sejumlah rekan setim Pogba di MU ikut mengecam perusahaan media sosial. Di antaranya bek anyar Man United, Harry Maguire, yang meminta perusahaan media sosial untuk “menghentikan penghinaan yang menyedihkan ini”. Marcus Rashford juga melakukan hal serupa kepada pihak Twitter melalui cuitannya.

“Cukup sudah, ini harus dihentikan!” tulis Rashford pada akun Twitter-nya.

“Manchester United adalah sebuah keluarga. Paul Pogba adalah bagian besar dari keluarga itu. Ketika Anda menyerangnya, maka Anda juga menyerang kami semua,” tulis Rashford lagi.

Manajemen Man United juga sudah mengelurkan pernyataan yang isinya melawan segala bentuk penghinaan rasialisme kepada Pogba. Mereka menyatakan orang yang melakukan penghinaan tidak mencerminkan nilai-nilai klub.

“Kami akan bekerja untuk mengidentifikasi sejumlah orang yang terlibat dalam insiden ini dan mengambil tindakan terkuat kami. Kami juga mendorong perusahaan media sosial untuk mengambil tindakan dalam kasus-kasus ini,” tulis pernyataan Man United. (wol/aa/dm/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Tammy Abraham Pilih Fokus Klub Daripada Timnas

LONDON, Waspada.co.id – Peluang membela Timnas Inggris ditampik penyerang Chelsea, Tammy Abraham. Striker muda tersebut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.