_
Home / Sports / Internasional / Moment Pembuktian Diri ‘Kapten’ Rapinoe
foto: twitter

Moment Pembuktian Diri ‘Kapten’ Rapinoe

LYON, Waspada.co.id – Fantastis! Megan Rapinoe memiliki andil besar dalam kesuksesan Timnas Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis, Minggu (7/7) malam. Kapten timnas itu sukses membuktikan dirinya kepada Presiden AS, Donald Trump.

Negeri Paman Sam menjadi juara dengan menundukkan Belanda 2-0 di Stade de Lyon. Dua gol kemenangan tim Jill Ellis disumbangkan oleh Rapinoe dan Rose Lavelle. Selain mengantarkan gelar kampiun, gol Rapinoe di final merupakan moment pembuktian dirinya untuk Trump.

Andai jadi juara keempat kali sepanjang sejarah atau kedua secara beruntun, Rapinoe menegaskan tidak akan mendatangi Gedung Putih bersama tim. Sama seperti di Indonesia, Gedung Putih atau dalam hal ini Presiden biasa memanggil tim olahraga yang berhasil menjuarai turnamen penting.

“Tidak, saya tidak akan ke Gedung Putih. Kami tidak akan diundang,” ujar Rapinoe baru-baru ini.

Sikap itu ditujukan Rapinoe karena memandang Trump bukan sosok yang pro kebebasan berekspresi, secara khusus terkait kesetaraan hak-hak LGBT di AS. Sementara itu, Rapinoe sendiri adalah seorang gay dan punya pandangan politik berseberangan dengan Trump.

Salah satunya, Rapinoe juga mendukung perlindungan warga kulit hitam di AS, kelompok yang mendapat perhatian minim di bawah rezim Trump. Hal itu yang mendasarinya enggan menginjakkan kakinya di Gedung Putih.

Tak lama berselang, Trump membalas komentar Rapinoe. Lewat Twitter, pemimpin berusia 73 tahun itu meminta wanita berusia 34 tahun itu membuktikan dirinya lebih dulu sebelum memberi pendapat.

“Megan harus menang lebih dulu sebelum berbicara, selesaikan saja dulu pekerjaanmu, kami bahkan belum mengundang tim. Sekarang, saya justru berniat mengundang mereka, baik menang atau kalah. Megan seharusnya tidak perlu membuat malu negara, Gedung Putih, atau bendera kami,” tulis Trump.

Ternyata, Rapinoe bisa membuktikan dirinya. Total, sang kapten mengoleksi tujuh gol sepanjang turnamen untuk menggondol gelar top skor. Selain itu, andalan Reign FC itu juga terpilih sebagia pemain terbaik alias meraih Golden Ball. (wol/aa/fifa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Panen Kartu, PSMS Terancam Sanksi Komdis

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan terancam sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait tim yang terkena ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.