_
Home / Sports / Internasional / Messi Terancam Sanksi Berat dari Conmebol
foto: reuters

Messi Terancam Sanksi Berat dari Conmebol

RIO DE JANEIRO, Waspada.co.id – Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, bisa menghadapi sanksi berat dari Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (Conmebol) terkait pernyataan kontroversialnya dalam perebutan peringkat ketiga Copa America 2019, Minggu (7/7) kemarin.

Kendati menang atas Chile 2-1 dan berhasil menjadi peringkat ketiga, Messi menuduh penyelenggara dan wasit di Copa America 2019 ‘korupsi’ kepada media. Karena masalah itu juga, La Pulga menolak pengalungan medali sekaligus selebrasi Tim Tango.

Selain ‘korupsi’, bintang Barcelona tersebut juga mengatakan Copa America 2019 digelar untuk memberikan gelar juara kepada Brazil. Terbukti, Tim Samba pun akhirnya tampil sebagai kampiun dengan mengungguli Peru 3-1 di final, Senin (8/7).

Messi juga membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan ‘wasit melakukan omong kosong’ setelah kalah dari Brazil di semifinal. Terkait komentar-komentar kontroversial itu. Messi bisa menghadapi hukuman berat dari Conmebol. Hal itu tercantum dalam peraturan soal larangan menghina institusi atau personel Conmebol dengan cara apa pun.

Jika tindakan tegas diambil, maka Messi bisa dikenakan hukuman larangan bermain selama dua tahun. Sanksi itu bisa membuat penyerang berusia 32 tahun tersebut absen di Copa America 2020 yang digelar di Argentina serta Kolombia serta Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sejauh ini, Conmebol sudah merespons komentar Messi tersebut dengan menilai pernyataan pemain jebolan La Masia itu tidak bisa diterima.

“Tuduhan ini menunjukkan tak ada respek terhadap kompetisi ini, para pemain yang terlibat, dan ratusan para profesional di Conmebol yang telah bekerja sejak 2016 demi menciptakan organisasi ini transparan, profesional, dan membangun sepakbola Amerika Selatan,” demikian pernyataan Conmebol. (wol/aa/as/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Panen Kartu, PSMS Terancam Sanksi Komdis

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan terancam sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait tim yang terkena ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.