Home / Sports / Internasional / Mengenang 4 Gol Gary Lineker ke Gawang Spanyol
foto: dailymail

Mengenang 4 Gol Gary Lineker ke Gawang Spanyol

LONDON, Waspada.co.id – Pada Selasa (16/10) dini hari, Timnas Inggris akan dijamu Spanyol pada lanjutan UEFA Nations League di Stadion Benito Villamarin, Seville. Jelang pertandingan ini, lini depan Three Lions tengah mengkhawatirkan.

Maklum, Harry Kane cs hanya mampu mencetak dua gol dalam tiga laga terakhir pasca-Piala Dunia 2018. Kane sendiri seolah kehilangan ketajaman sejak menjadi top skor Piala Dunia 2018 lalu. Dalam enam pertandingan, kapten Timnas Inggris tersebut belum mampu mencetak gol lagi.

Jelang pertandingan, Inggris juga dihadapi rekor buruk. Adapun rekor dimaksud dengan belum ada lagi pemain Timnas Inggris membobol gawang Spanyol di Negeri Matador dalam 31 tahun terakhir. Dalam laga uji coba pada 18 Februari 1987, Three Lions menang 4-2 berkat empat gol cetakan Gary Lineker. Empat gol dalam 32 menit!

Tampil di Santiago Bernabeu, gawang Peter Shilton tertinggal lebih dulu oleh gol Emilio Butragueno. Selang 10 menit, Lineker menyamakan skor dengan sundulan meneruskan umpan Glenn Hoddle. Menit 28, Lineker menjebol gawang Andoni Zubizarreta untuk kedua kali.

Baru semenit babak kedua dimulai, Lineker melengkapi hattrick. Gol keempat tercipta ketika legenda sepakbola Inggris itu mengecoh dua bek Spanyol dan menendang bola tanpa dapat dihalau Zubizarreta. Gol kedua tuan rumah dihasilkan oleh Ramon Vazquez.

Usai pertandingan, kiper veteran El Matador sportif mendatangi ruang ganti Three Lions dan memuji Lineker sambil mengucapkan ‘Dasar gila! Setelah itu, Zubizarreta kemudian ‘memaafkan’ Lineker karena berhasil mencetak hattrick ke gawang Real Madrid dalam duel el clasico.

Kebetulan, masa itu Lineker merupakan pemain Barcelona dan tampil gemilang dengan hattrick di tempat yang sama tepat 18 hari sebelumnya. Media Inggris pun mengklaim Lineker sebagai striker terhebat di Eropa masa itu. Media Catalan sempat menulis gelar ‘Pembunuh Spanyol” bagi striker yang tidak pernah terkena kartu kuning dalam karier profesionalnya.

Kemenangan tim asuhan Bobby Robson tersebut pun menjadi sukses terakhir bagi Tiga Singa di Negeri Matador. Para suksesor Lineker di era Graham Taylor, Sven Goran Eriksson, Fabio Capello, dan Roy Hodgson tak kunjung berhasil mencetak gol.(wol/aa/dm/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Wow! Belanda Bikin Juara Dunia Degradasi

ROTTERDAM, Waspada.co.id – Kejutan terjadi ketika Timnas Belanda berhasil meraih kemenangan saat menjamu Prancis pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: