Home / Sports / Internasional / Liga Premier League Akan Jajal VAR
foto: reuters

Liga Premier League Akan Jajal VAR

LONDON, Waspada.co.id – The Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) dikabarkan akan menggelar uji coba penggunaan Video Assistant Referee (VAR) usai jeda internasional di kompetisi Liga Premier.

Saat ini, VAR belum digunakan secara meluas di dunia sepakbola. Namun, teknologi itu sendiri sudah terbukti sukses di Piala Dunia 2018 lalu. Musim ini, beberapa liga yang sudah mulai memakai teknologi tersebut adalah Serie A (Italia) dan La Liga (Spanyol).

Di Inggris sendiri, khususnya di pentas Liga Premier, teknologi itu masih belum diterapkan.

Menurut Sky Sports, pihak PGMOL sekarang sepertinya berniat memakai VAR. Namun mereka masih ingin melakukan uji coba lebih dulu setelah jeda internasional berakhir.

PGMOL ingin melihat apakah pusat VAR yang ada di Stockley Park, dekat Heathrow, bisa mengatasi munculnya berbagai insiden yang mungkin terjadi dalam waktu bersamaan atau dalam jeda waktu yang singkat.

Namun demikian, tim yang bekerja di Stockley Park nanti tak akan berhubungan sama sekali dengan wasit yang ada di lapangan. Hasil evaluasi uji coba itu akan dibeberkan pada semua shareholder EPL pada tahun depan.

Media asal Inggris itu kemudian membeberkan alasan pihak Liga Premier tidak menerapkan VAR seperti di Serie A dan La Liga. Sky menyebut bahwa pihak Liga Premier merasa keputusan menunda penggunakan teknologi itu hingga para ofisial benar-benar memahami cara penggunaannya telah terbukti benar.

Selain itu, pihak EPL juga sedikit merasa khawatir bahwa VAR telah kehilangan sedikit kredibilitasnya di hadapan sejumlah fans. Hal ini tak lepas dari penggunaan VAR yang kemudian berujung pada diberikannya penalti kontroversial yang menghasilkan gol kedua Prancis saat melawan Kroasia di final Piala Dunia 2018 lalu. (wol/aa/sky/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Malam Sempurna Mauro Icardi

MILAN, Waspada.co.id – Mauro Icardi mengalami malam sempurna saat menghadapi Tottenham Hotspur pada laga Grup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: