Home / Sports / Internasional / Klub Eropa Yang Bangun Masjid di Kompleks Stadion
foto: fcbayern

Klub Eropa Yang Bangun Masjid di Kompleks Stadion

MUNICH, Waspada.co.id – Stadion sepakbola bukan hanya tempat berlatih atau pertandingan bagi sebagian klub elite di Eropa. Stadion juga merupakan rumah dan identitas dari klub itu sendiri.

Meski umat muslim tergolong minoritas di Benua Biru, beberapa klub membuat keputusan mengejutkan dengan membangun stadion yang dilengkapi masjid. Selain memudahkan para pemain maupun suporter beragama Islam, masjid juga menjadi simbol toleransi beragama. Tercatat ada enam klub di Eropa yang memiliki masjid di dalam kompleks stadion, yakni:

1. Allianz Arena Stadium
Di Jerman, Bayern Munich menjadi salah satu klub raksasa Eropa yang membangun masjid di dalam stadion. Selain untuk mempermudah fans beribadah, tujuan dibangunnya masjid berkapasitas 75 ribu ini tak lain untuk menghargai pemain mereka yang merupakan muslim, seperti Frank Ribery.

Pembangunan masjid itu juga permintaan pribadi dari Ribery yang terkenal taat beribadah. Awalnya, Ribery hanya meminta ruang kecil untuk mengerjakan sholat, namun manajemen Munich malah membangunkan masjid sebagai penghargaan bagi kontribusi Ribery. Selain masjid, Munich juga menyediakan imam dan perpustakaan Islam.

2. Kazan Arena Stadium
Salah satu klub raksasa di Rusia ini membangun masjid di stadionnya dengan pertimbangan mayoritas masyarakatnya umat muslim. Hampir 55 persen penduduk di Kazan merupakan muslim. Qolsharif Mosque dipilih menjadi nama masjid di stadion yang berkapasitas lebih dari 30 ribu tempat duduk tersebut.

3. Ewood Park Stadium
Bergeser ke Liga Premier, Inggris menjadi salah satu penyumbang klub terbanyak mendirikan masjid di stadion. Salah satunya adalah Blackburn Rovers di Ewood Park. Stadion yang mampu menampung lebih dari 31.000 penonton ini mendirikan masjid guna mempermudah suporter beragama Islam untuk shalat. Selain masjid, Rovers juga membangun gereja di areal stadion.

4. Macron Stadium
Macron Stadium merupakan tampilan baru dari Bolton Reebok Stadium, markas Bolton Wanderers yang kembali dipugar pada 1996-1997 lalu. Stadion ini mampu menampung hampir 29 ribu suporter dan membangun masjid sehubungan banyak warga muslim Inggris yang tinggal di Kota Bolton.

5. St James Park Stadium
Newcastle United yang bermarkas di St James Park alias Direck Arena sebenarnya identik dengan pendeta (karena titel tertulis “St”). Namun, manajemen mengerti bahwa agama berpengaruh terhadap mentalitas pemain di lapangan.

6. Etihad Stadium
Etihad Stadium yang menjadi markas Manchester City memiliki tempat ibadah kaum muslim yang megah. Hal ini mengingat pemiliknya adalah miliarder asal Timur Tengah, Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan. (wol/aa/euro/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ronaldo Incar Gol Perdana di San Siro

MILAN, Waspada.co.id – Cristiano Ronaldo berharap akan mengakhiri kutukan di Milan saat Juventus bertandang melawan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: