Home / Sports / Internasional / Kalau Menang Ozil Jerman, Kalah Dianggap Imigran
foto: twitter

Kalau Menang Ozil Jerman, Kalah Dianggap Imigran

LONDON, Waspada.co.id – Setelah memutuskan pensiun dari Timnas Jerman, Mesut Ozil merasa patah arang karena merasa mendapatkan perlakuan rasisme sebagai pemain Jerman keturunan imigran.

Kegagalan Der Panzer lolos dari fase grup Piala Dunia 2018 membuat dirinya semakin dicemooh sebagai pemain keturunan. Pemicunya adalah pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan didampingi Ilkay Guendogan beberapa waktu lalu. Ozil akhirnya memilih mundur karena perlakuan tidak adil sebagai pesepakbola keturunan imigran dari Turki.

Salah satu yang membuatnya muak adalah pernyataan Presiden Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, yang menuduhnya sebagai keturunan imigran yang tak memiliki jiwa patriotik.

“Orang-orang dengan latar belakang diskriminatif tidak seharusnya memimpin federasi sepakbola di dunia. Di mata Grindel dan para pendukungnya, saya Jerman ketika kami menang tapi saya imigran ketika kami kalah,” terang Oezil dalam surat terbukanya, Senin (23/7).

“Saya bisa mengenakan jersey Jerman dengan penuh kebanggaan dan antusiasme, tapi sekarang sudah tidak lagi,” tegas Ozil.

Di media sosial twitter, para netizen memberi dukungan moril kepada playmaker andal tersebut. Anehnya, tidak ada dukungan atau bentuk simpati dari Arsenal yang merupakan klub Ozil sekarang ini.

“Mengapa belum ada cuitan dari Arsenal mendukung Ozil? Bangun @Arsenal,” demikian cuitan pemilik akun @LondonGoona.

“Arsenal harus buat kaos solidaritas mendukung Ozil. Dia pasti merasa sedih dan butuh dukungan publik untuk membangkitkan moralnya,”ujar pemilik akun @Uber_Gooner.

“Ozil adalah gelandang terbaik Jerman terlepas mereka mau mengakuinya sebagai orang Jerman atau tidak. Mereka tak akan bisa menggantikan posisi Ozil,” ujar akun @KozielloEN.(wol/aa/dm/twt/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Loew Tetap Pelatih Der Panzer

BERLIN,Waspada.co.id – Kegagalan Jerman lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2018 tidak menggoyahkan keputusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: