Home / Sports / Internasional / Kalah Telak, Sampaoli Malah Kritik Tim Sendiri
foto: zimbio

Kalah Telak, Sampaoli Malah Kritik Tim Sendiri

Nizhny Novgorod, Waspada.co.id – Argentina terancam pulang lebih awal dari Rusia, menyusul kekalahan telak 0-3 dari Kroasia di Grup D Piala Dunia 2018, Jumat (22/6). Usai laga, pernyataan mengejutkan disampaikan oleh pelatih Timnas Argentina, Jorge Sampaoli.

Dalam kekalahan itu, Lionel Messi sekali lagi tidak berkutik seperti saat menghadapi Islandia di laga perdana. Lebih parahnya, Messi hanya membuat satu tembakan berbanding 11 di laga kontra Islandia. Sampaoli pun menyatakan performa Messi tidak maksimal karena timnas tidak cocok dengan sang bintang.

“Saya pikir skuad Argentina menutupi kebrilianan Messi. Leo tampil tidak normal karena tim tidak menyatu dengannya,” ujar Sampaoli.

“Ada rasa sakit karena kami tidak berada di level yang diharapkan masyarakat Argentina. Saya bertanggung jawab untuk hasil ini. Saya percaya telah melakukan yang terbaik dan tidak bisa menemukan jalan untuk memberikan apa yang diinginkan publik,” tuturnya lagi.

Kekalahan dan pernyataan Sampaoli otomatis bakal menambah kritik kepada dirinya. Jelang kejuaraan mantan pelatih Timnas Chile tersebut sudah membuat keputusan kontroversial ketika mencoret nama Mauro Icardi yang tampil subur bersama Inter Milan. Sebaliknya, Marcos Rojo yang kerap cedera dan jarang main di klub terpanggil.

Di lapangan, Sampaoli juga terlihat kurang jeli menerapkan strategi. Imbang melawan Islandia dengan formasi 4-2-3-1, sang pelatih memakai pola 3-4-3 saat jumpa Kroasia dan menyimpan Angel di Maria di bangku cadangan.

Kekalahan menjadikan perjalanan Tim Tango ke babak 16 Besar kian berat. Dengan koleksi satu poin, Argentina masih berpeluang lolos dengan syarat mengalahkan Nigeria pada 27 Juni mendatang. Namun perjuangan Argentina juga bergantung pada hasil Islandia kontra Nigeria, Jumat malam.

Bila Islandia menang, maka syarat Argentina lolos lebih berat karena harus mencetak banyak gol meningat saat ini mereka memiliki catatan produktivitas 1-4. Sebaliknya La Albiceleste terlibat duel hidup mati andai Nigeria mengalahkan Islandia. Otomatis, Nigeria akan tampil mati-matian di laga terakhir karena juga berpeluang lolos. (wol/aa/fifa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ronaldo: Tidak Sulit Terima Pinangan Juventus

TURIN, Waspada.co.id – Setelah dinyatakan lulus tes medis, Cristiano Ronaldo diperkenalkan kepada media Italia untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: